TNGHS Tanam Pohon dan Pelepasan Elang Brontok Gandeng Korps Brimob, Polri dan PT. Antam UBPE Ponkor

- 7 Juli 2022, 07:29 WIB
Kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) dan penanaman simbolis pohon asli TNGHS, Rabu, 6 Juli 2022
Kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) dan penanaman simbolis pohon asli TNGHS, Rabu, 6 Juli 2022 /Istimewa/

BERITA KBB - Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah melakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) dan penanaman simbolis pohon asli TNGHS, Rabu, 6 Juli 2022.

Rangkaian acara ini diikuti dengan penanaman sebanyak + 1.000 bibit pohon asli TNGHS di blok Hutan Hanjawar, Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW) Gunung Botol, Seksi PTNW II Bogor, Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sebanyak 400 personil Korps Brimob POLRI beserta anggota Kelompok Tani Hutan Cikaniki Sejahtera dan petugas Balai TNGHS terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Pencarian Anak Ridwan Kamil, Gunakan Drone Sensor Panas Tubuh Karena Sungai Aare Keruh dan Banyak Pohon

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Balai TN Gunung Halimun Salak, Korps Brimob POLRI dan PT Antam, Tbk., UBPE Pongkor dalam rangka mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistem di TNGHS, hal ini disampaikan dalam Pers rilis resminya TNGHS.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak antara lain: Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE, Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati, Spesies dan Genetik Ditjen KSDAE, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Wilayah I Bogor, Kepala Bagian Sumber Daya Alam Kabupaten Bogor, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Citarum-Ciliwung, pihak Kecamatan, Koramil dan Polsek Nangung, pihak Desa Malasari, PT Antam, Tbk., UBPE Pongkor, PT Sumi Asih, Kelompok Tani Hutan Cikaniki Sejahtera, Kelompok Tani Hutan Konservasi Malasari Lestari dan Model Kampung Konservasi Cisangku.

Dalam sambutannya, Kepala Koordinator Instruktur AKBP Daulat Nainggolan, S.E menyampaikan bahwa selama ini Korps Brimob POLRI telah secara rutin menggunakan kawasan TNGHS sebagai area latihan.

Baca Juga: Bule Wanita yang Difoto Bugil di Pohon Kayu Putih di Bali Akhirnya Meminta Maaf

"Area ini dipandang memiliki kondisi biofisik yang ideal untuk pembentukan anggota Korps Brimob POLRI yang memiliki keterampilan dan kemampuan optimal dalam menjawab potensi tantangan tugas di area-area yang ekstrim," ungkap AKBP Daulat Nainggolan, S.E.

Selanjutnya, Plt. Kepala Balai TNGHS, Dr. Pairah, S.Si., M.Si. menyampaikan bahwa kawasan TNGHS memang dapat digunakan untuk area latihan personil POLRI, melalui mekanisme kerja sama strategis yang tidak dapat dielakkan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x