Mengapa Penting Menguasai SEO di Era Kecerdasan AI

- 2 Februari 2023, 20:17 WIB
Mengapa Penting Menguasai SEO di Era Kecerdasan AI?
Mengapa Penting Menguasai SEO di Era Kecerdasan AI? /Pexels / Tirachard./

Berita KBB - Pelatihan yang digelar oleh Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) untuk konten kreator batch 52 kembali berlanjut di hari ke dua, mengangkat judul, “SEO Trending, Human Friendly, Evergreen Content, Keyword, dan Long Tail Keyword”, agenda ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, Rabu 25 Januari 2023. 

Saya sepenuhnya hadir mendengarkan Gita Pratiwi, pemateri sekaligus mentor dari PRMN. Gita membuka jalannya agenda dengan mengulas tugas yang telah diberikan di hari pertama mengenai, “Tata Bahasa, Gramatika, dan Pemilihan Diksi dengan Pertimbangan Google Vs KBBI”.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini sudah tentu, adalah agar para peserta konten kreator menyadari peranan penting SEO, technical SEO, dan artikel-artikel yang unggul dalam mesin pencarian. Tetapi ada topik menarik yang menyita perhatian saya. Tepat setelah mentor saya menerangkan ciri konten SEO yang berkualitas.

Baca Juga: Umpan Clickbait Menjamur di Internet, Bukti Minat Masyarakat Masih Tinggi

Mari kita lewati penjelasan keempat ciri itu, ringkasnya saja itu adalah: mudah ditemukan, mudah dibaca, bisa dibagikan, dan selalu diingat. Lebih lanjut bisa kalian lihat pada laman-laman berita internet yang tengah hit.

Lantas sebetulnya apa yang menarik fokus saya ini? Mengapa saya begitu beradab membabat singkat materi sepenuh hati mentor saya? Yang sebetulnya—dengan pembelaan—“fokus” ini jua saya yakini menjadi maksud dan tujuan Gita kepada kami. 

Alasan Kenapa SEO Itu Penting

SEO atau Optimasi Mesin Pencari adalah suatu usaha untuk mengoptimalkan konten di mesin pencarian. Ini berupa kata kunci-kata kunci atau keyword yang terpasang di domain, judul, url atau alamat situs, keterangan foto, nama file foto, hingga badan teks artikel.

Keyword itu sendiri dapat terdiri dari tiga hal yakni, nama orang, nama tempat, kata kerja, dan barang. Atau pula berupa kata kunci turunan spesifik seperti short tail keyword, yang berisikan satu sampai dua kata, dan ada pula long tail keyword yang terdiri dari tiga kata atau lebih. 

Selain lebih spesifik pada pencarian, long tail keyword juga memangkas persaingan sengit artikel-artikel di samudera internet, dibandingkan saudaranya yang hanya memiliki satu sampai dua kata saja. Ini karena short tail keyword kurang mempunyai purchase intent. 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x