Apa Manfaat Memantau Kualitas Tidur? Simak Penjelasannya

- 14 Mei 2021, 06:18 WIB
Kurang tidur akibat habis begadang semalam.
Kurang tidur akibat habis begadang semalam. /Freepik

BERITA KBB - Bukan rahasia umum bila tidur adalah aktivitas penting bagi kesehatan kita. Bahkan, tidur menjadi kebutuhan primer, di mana kita mendedikasikan kurang lebih sepertiga hari kita hanya untuk tidur.

Namun, saat kita tidur, seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk tertidur dengan kualitas yang baik? Atau biasa disebut dengan tidur nyenyak. Tidak hanya merebahkan tubuh di atas kasur dan memejamkan mata, tidur yang kita perlukan adalah tidur yang berkualitas.

Kualitas tidur yang baik memungkinkan Anda untuk terbangun dengan segar, mood yang baik, dan tenaga untuk menjalankan berbagai kegiatan. Oleh karena itu, performa tubuh saat beraktivitas di siang hari sangat bergantung pada kualitas tidur yang Anda miliki di malam harinya.

Baca Juga: Tidak Bisa Mudik Saat Lebaran? Ini Tiga Alternatif Hiburan yang Menyenangkan

Untuk mengetahui kualitas tidur, Anda dapat dengan mudah memantaunya. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat canggih seperti smartwatch salah satunya yang dikeluarkan oleh Garmin.

Bagaimana smartwatch dapat membantu Anda memahami kondisi tubuh dengan memantau kualitas tidur? Simak caranya di bawah ini!

1. Memonitor siklus tidur

Saat tertidur, kita akan menjalani beberapa fase tidur: Non-rapid eye movement (non-REM) dan REM. Non-REM terbagi menjadi tiga tahap, light sleep, light menuju deep sleep, dan deep sleep atau tertidur nyenyak. 

Baca Juga: Manfaat Cuka Sari Apel untuk Turunkan Berat Badan Beserta Cara Menggunakannya

Dimulai dengan light sleep, Anfa akan memasuki fase deep sleep ketika detak jantung melambat dan semua otot tubuh menjadi rileks. Selain itu, terdapat fase REM, kondisi di mana saraf otak bekerja hampir sama beratnya dengan waktu terbangun yang memungkinkan dapat mengingat mimpi. Ketika tidur, kita akan mengalami fase non-REM dan REM berulang kali. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x