Nonton Televisi Bisa Menaikkan Berat Badan Loh...Penyebabnya Karena Ini

- 2 Agustus 2022, 20:05 WIB
Nonton Televisi Bisa Menaikkan Berat Badan Loh...Penyebabnya Karena Ini
Nonton Televisi Bisa Menaikkan Berat Badan Loh...Penyebabnya Karena Ini /




BERITA KBB - Cuma nonton televisi kok berat badan meningkat? Masa iya sih. Kan nonton televisi nya sambil ngemil karena meskipun nama camilan yang berfungsi untuk mengganjal perut kosong tetapi aktivitas ngemil bisa menaikan berat badan. Terutama sekali sambil nonton.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang ditertibkan Hepatology pada 2014, penyebab ngemil bisa meningkatkan berat badan karena ada hubungan dengan frekuensi makan.

Secara yang namanya ngemil enggak mungkinkan porsinya sedikit. Yah minimal sebungkus lah.

Baca Juga: PT Berdikari Membuka Lowongan BUMN Batas Hingga 7 Agustus 2022 Untuk Lulusan S1

Banyaknya jumlah camilan inilah yang menjadi penyebab tingginya frekuensi makan. Meskipun camilan yang kita lahap sebesar kripik.

Selain jumlah frekuensi ternyata aktivitas saat kita ngemil juga ikut menjadi pengaruh naiknya berat badan.

Dalam jurnal ilmiah Appetite tahun 2017, naiknya berat badan akibat ngemil disebabkan oleh aktivitas penggiringnya. Seperti menonton televisi sambil ngemil.

Baca Juga: PT Aneka Tambang Membuka Lowongan Kerja Untuk Fresh Graduate


Dihitung dari kalori, orang yang sering menonton televisi sambil ngemil kelebihan asupan kalori sebanyak 106 kalori daripada yang jarang menonton televisi.

Namun demikian, psikolog Rosdiana Setyaningrum menonton sambil ngemil bisa menjadi alternatif menghilangkan stress.

Karena menonton sambil ngemil bisa membuat tubuh yang kelelahan beristirahat.

Baca Juga: Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meski Telah Lakukan Diet? Ternyata Ada 5 Faktor Ini, Simak Penjelasan Ahli

"Karena ketika  menonton, indra penglihatan dan pendengaran kita akan dimanjakan. Sedangkan camilan untuk memanjakan indra perasa, penciuman, dan peraba," katanya saat peluncuran camilan dari Calbee Wings pada Selasa, 15 November 2016 lalu.

Agar terhindar dari naiknya berat badan, Rosdiana mengingatkan agar kegiatan nonton sambil ngemil itu dibatasi. Misalkan untuk sudah dewasa atau 17 tahun ke atas maka maksimal menonton sambil ngemil dua jam sehari.

Dan bagi yang berumur di bawah 17 tahun maka waktu yang paling maksimal untuk menonton sambil ngemil adalah satu jam perhari.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan Juknis Booster 2 untuk Nakes

Sedangkan untuk camilan, Rosdiana mengingatkan untuk memilih bahan-bahan camilan dan memperhatikan kandungan nutrisinya.

"Ketika mengkonsumsi camilan, belajar mengenali tubuh kita. Berhentilah saat dirasa konsumsinya sudah cukup. Semakin terbiasa mengenal tubuh kita, maka semakin bisa kita mengontrol diri," ujarnya.***







Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x