Wajib Baca, Tips Menghilangkan Kecanduan Rokok

- 25 September 2020, 17:43 WIB
/ILUSTRASI/

BERITA KBB-Merokok adalah permasalahan serius bagi Indonesia. Setiap tahun, ada lebih dari 225.700 orang yang meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok. Namun, fakta dan data ini tidak lantas menghentikan lebih dari 469.000 anak-anak dan 64.027.000 orang dewasa yang merokok setiap harinya. 

Hingga tahun 2020, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melaporkan bahwa biaya yang telah dikeluarkan untuk pengobatan kasus penyakit yang terkait rokok dan tembakau, khususnya Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) menghabiskan sekitar Rp5,9 triliun.

Merokok sangat berbahaya karena pembakaran dari tembakau menghasilkan asap yang mengandung bahan kimia karsinogenik (penyebab kanker) dan racun yang apabila masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sudah saatnya masyarakat mulai mengurangi rokok bahkan berhenti dari merokok.

 Baca Juga: Kerugian Pasca Banjir Bandang Sukabumi


Kenyataan bahwa masyarakat tahu resiko merokok bagi kesehatan, tidak membuat upaya untuk menghentikan kebiasaan merokok menjadi lebih mudah. Baik bagi perokok lama atau orang yang hanya merokok sesekali, berhenti merokok dirasa sangat sulit. Memutuskan untuk berhenti merokok barulah setengah perjalanan dari prosesnya, karena dengan mengetahui dari mana harus memulai untuk berhenti merokok dapat mempercepat prosesnya. Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan untuk membantu kamu mulai berhenti merokok mulai hari ini:

1. Tentukan kapan akan berhenti

Setelah dipikirkan dengan matang, pilih tenggat waktu kapan kamu akan berhenti. Pilihlah waktu yang tidak terlalu lama, sehingga  persiapan bisa direncanakan  dengan matang. Beritahu teman, pasangan, keluarga, dan rekan kerja bahwa kamu ingin berhenti merokok di waktu tersebut sehingga mereka akan mengerti dan membantu, bahkan tidak merokok di sekitar kamu. Singkirkan seluruh rokok dan asbak. Kamu juga bisa memilih mau langsung berhenti atau secara bertahap. Dengan berhenti secara bertahap, kamu dapat pelan-pelan mengurangi jumlah rokok yang dibakar sampai dengan waktu yang telah kamu tentukan untuk berhenti merokok. Namun, dengan memilih langsung berhenti, kamu bisa merokok seperti biasa namun saat tiba waktu berhenti kamu harus langsung berhenti total.

2. Hindari Pemicu Umum

Berikut adalah beberapa pemicu umum yang dapat kamu hindari selama program:

Baca Juga: Salut! Video Nicholas Saputra Hadang Bule Bermotor Naik Trotoar Kembali ViralK

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x