Inspiratif! Empat Desa Di Negara Berikut Berpenghasilan Miliaran

- 24 April 2022, 11:19 WIB
Desa Kutuh, Bali. Berpenghasilan Milyaran
Desa Kutuh, Bali. Berpenghasilan Milyaran /Tangkap layar Youtube



BERITA KBB- Beberapa negara di dunia, memiliki desa yang tercatat berpenghasilan milyaran. Kekayaan tersebut berasal dari kemampuan warganya yang berhasil mengembangkan dan memaksimalkan sumber daya dan potensi alam yang terdapat didesanya. Sehingga masyarakat setempat menikmati hidup yang makmur dan sejahtera.

Bahkan salah satu desa terkaya ini ada di Indonesia, negara tercinta kita.

Inilah ke-4 Desa yang dapat di menginspirasi desa lainnya  agar mampu mengelola SDA atau hasil alam di desa tersebut sampai berhasil menyejaterakan masyarakat.

Baca Juga: KAI Daop 2 Siap Angkut 66.731 Penumpang Perhari di Masa Angkutan Lebaran 2022

1. Desa Huaxi China

Desa ini memiliki luas wilayah 250 acre, terletak di Provinsi Jiangsu, China. Mayoritas penduduknya adalah petani, jumlah penduduknya sekitar 2000 jiwa. Kekayaan mereka dihasilkan dari ekspor produk besi dan baja ke 40 lebih negara.

Maka tak heran, jika rekening tabungan desa tersebut mencapai USD250 atau jika dirupiahkan setara Rp 3,6 miliar (dengan Rp 14.360 per USD).

Dari penghasilan inilah, kehidupan masyarakat desa tersebut sangat makmur.

Diketahui masyarakat di sana memiliki hak untuk hidup mewah dengan menikmati fasilitas villa, mobil mewah dan membebaskan biaya (gratis) untuk pelayanan kesehatan juga pendidikan.

2. . Desa Madhapar India

Salah satu desa yang terletak di distrik Kutch, Gujarat India yang didirikan oleh Mistress of Kutch.
Diperkirakan, simpanan per kapita desa ini mencapai 15 lakh atau 1.500.000 Rupee dan jika di konversikan ke dalam rupiah Rp 283,8 juta.

Fasilitas yang dimiliki oleh desa ini adalah 17 bank, sekolah, perguruan tinggi, danau, tanaman hijau, bendungan, pusat kesehatan, kuil dan gaushala yang canggih.

Baca Juga: Pasca Putus Dari Adhitya Alkatiri, Rupanya Adinda Azani Bertunangan Dengan Armand Zachary, Siapakah Dia

3. Desa Kutuh Bali

Tak dipungkiri, di negara Indonesia pun memiliki desa yang masuk dalam jajaran desa terkaya di dunia.Inilah Desa Kutuh, yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali.

Potensi yang mereka kembangkan adalah pariwisata. Di desa ini memiliki beberapa wisata yang menarik di antaranya Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Atraksi Wisata Khusus Timbis Paragliding, Atraksi Wisata Khusus Seni dan Budaya, Unit Barang dan Jasa, dan lain sebagainya.

Dari sumber penghasilan tersebut, menghasilkan pendapatan yang fantastis yakni Rp 50 miliar per tahun. Bahkan menjadi salah satu yang dicontohkan untuk menginspirasi desa lain negeri ini.

4. Desa Oberwil-Lieli Swiss

Desa ini adalah salah satu desa yang terletak di sekitar pegununga Alpen. Berpenduduk kurang lebih 2200 jiwa. Potensi alam di desa tersebut sangat indah sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Pendapatan desa ini mencapai Rp 300 miliar per tahun.
Berkat hasil dan kerja keras membangun desa, masyarakatnya menolak pengungsi dari Timur Tengah. Bahkan memilih membayar 200 ribu poundsterling atau Rp 4 milyar  daripada harus menerima 10 pengungsi masuk ke desanya.

Hebat ya desa-desa tersebut, sangat mandiri dapat menyejahterakan masyarakatnya dengan bergotong royong mengembangkan potensi yang dimiliki. ***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x