Salut! Negara-Negara Berikut Ini Hidup Kaya Tanpa Utang

- 24 April 2022, 23:40 WIB
Di dunia, ada sejumlah negara yang tidak memiliki hutang
Di dunia, ada sejumlah negara yang tidak memiliki hutang / idx_ channel/

BERITA KBB- Meski secara wilayah dan populasi penduduk terbilang sedikit, negara-negara berikut ini memiliki sistem pemerintahan dan kemampuan mengelola SDA yang bagus, sehingga rakyat makmur dan sejahtera

Kekayaan negara mereka melimpah ruah, dan tidak ada catatan utang pada negara atau lembaga tertentu.

Sebab, dampak yang terjadi jika suatu negara terlalu banyak mengutang pada lembaga atau negara lain adalah kebangkrutan bagi negara peminjam karena tidak akan mampu membayar utang-utang tersebut.

Baca Juga: Puasa di Tengah Pandemi, Keinginan Berbagi Warga Kota Bandung Makin Tinggi

Lantas apakah ada negara yang tidak memiliki utang atau 0% tidak punya utang? Jawabannya adalah ya, berikut nama-nama negaranya

1. Liechtenstein
Adalah negara penghasil elektronik, pengerjaan logam, dan farmasi. Negara ini tidak memiliki utang publik dengan rasio terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 0,5 %.

2. Makau
Makau adalah negara yang menghasilkan Rp 574,8 triliun per tahun. Menurut data IMF, selama 15 tahun terakhir, total utang pemerintah Makau berada pada 0%.

Baca Juga: Jelang Indonesia Emas 2045, Dinamiku Darul Hikam Gelar Diskusi

3. Kepulauan Virgin Britania Raya
Negara kepulauan non-inggris ini bersistem pemerintahan independen. Selain negara ini kaya juga negara yang bebas pajak.

4. Niue
Niue adalah sebuah negara pulau di Pasifik Selatan. berpenduduk kurang dari 2.000. Negara ini tidak punya utang, melainkan negara ini menghibahkan Rp201,2 miliar dan mengurus urusan luar negeri serta pertahanan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x