Mendekam di Penjara Thaksin Bakal Jadi Penasihat Pemerintah Thailand

- 24 September 2023, 06:47 WIB
Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra
Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra /Tangkapan layar Instagram @thaksinshinawatra/

 

BERITA KBB - Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, yang saat ini mendekam di penjara, dikabarkan akan menjadi penasihat pemerintahan baru yang dipimpin oleh Srettha Thavisin dari Partai Pheu Thai. Thaksin, yang digulingkan oleh kudeta militer pada tahun 2006, kembali ke Thailand pada bulan Agustus lalu setelah 15 tahun mengasingkan diri di luar negeri. Ia langsung ditangkap dan dijatuhi hukuman delapan tahun penjara atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

 

Namun, menurut sumber dari partai berkuasa, Thaksin bisa dibebaskan bersyarat secepatnya pada akhir Februari tahun depan. Hukumannya telah dikurangi menjadi satu tahun setelah ia kembali dari pengasingan. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pemerintahan koalisi baru berencana untuk berkonsultasi dengan Thaksin setelah ia dibebaskan dari penjara.

 

Perdana Menteri Srettha Thavisin, yang terpilih melalui pemungutan suara parlemen pada bulan lalu, mengatakan bahwa Thaksin masih bisa mengabdi kepada negaranya. Ia mengatakan bahwa Thaksin memiliki pengalaman enam tahun di pemerintahan dan bisa membantu pemerintah baru untuk meningkatkan ekonomi Thailand.

 

“Thaksin punya nilai tambah bagi pemerintah dan rakyat Thailand,” kata Srettha dalam wawancara dengan Bloomberg TV di sela-sela Majelis Umum PBB di New York. Ia menambahkan bahwa ia ingin mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar lima persen per tahun dengan mengikuti kebijakan Thaksinomics yang pernah diterapkan oleh Thaksin pada awal 2000-an.

 Baca Juga: Jadwal Trans Tv Minggu 24 September 2023 Tayang Film The Expendables 3 Dan Unhinged, Pasti Seru!

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x