Wajibkah Menggantikan Puasa Orang yang Meninggal Dunia? Berikut Hukumnya Menurut Islam

- 28 Maret 2023, 14:09 WIB
Berikut hukum menggantikan qadha puasa orang lain yang meninggal dunia menurut Islam, wajib diganti atau tidak?
Berikut hukum menggantikan qadha puasa orang lain yang meninggal dunia menurut Islam, wajib diganti atau tidak? /YouTube Firdaus Boang/

Berita KBB - Sebelum memulai pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 2023, umat Muslim yang sudah baligh dan berakal wajib memastikan bahwa mereka tidak punya hutang puasa di Ramadhan tahun sebelumnya.

Jika pada puasa Ramadhan tahun lalu sempat “bolong” karena alasan yang mendesak seperti misalnya haid bagi wanita, maka wajib qadha atau mengganti puasa yang bolong itu, sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan.

Begitu pula jika pada pelaksanaan puasa Ramadhan 2023 ini, sudah ada hari yang bolong baik karena haid, sakit atau melaksanakan perjalanan jauh. Selepas Idul Fitri nanti, kita harus meng-qadha puasa dulu sebelum bisa melakukan puasa 6 hari di bulan Syawal.

Baca Juga: Sentil RAT yang Punya Rumah Rp 65 M di Simprug, Melchias Mekeng: Makan Uang Haram Berlebih, Tuhan Marah

Namun, bagaimana hukumnya jika ada orang yang punya hutang puasa lalu meninggal dunia sebelum sempat membayarnya, sedangkan ia mampu untuk melakukannya, apakah wali atau ahli warisnya bisa menggantikan puasa orang lain yang meninggal dunia tersebut? 

Menurut Pedoman Islam di Indonesia oleh Hasbullah Bakry, ada 2 pandangan umum yang beredar di masyarakat Indonesia terkait menggantikan puasa orang yang meninggal dunia.

Pandangan pertama, jika orang yang meninggal dunia itu tidak mampu mengganti puasanya karena sudah berusia tua, maka tidak diwajibkan mengganti puasa dan tidak wajib membayar fidyah.

Baca Juga: Makna Upacara Pedang Pora dalam Prosesi Pernikahan TNI, Momen Sakral yang Hanya Berlaku Sekali Seumur Hidup

Pandangan kedua, jika orang yang meninggal dunia itu memang mampu mengganti puasanya tapi ditunda-tunda hingga wafatnya, maka hendaknya walinya mempuasakan dan membayar fidyah berdasarkan jumlah hari yang ditinggalkan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x