Sejumlah Ormas dan Mahasiswa Kini Dorong PSSI dan Kemenpora untuk Tolak Kedatangan Timnas Israel

- 28 Maret 2023, 10:58 WIB
Ilustrasi logo bendera Israel.
Ilustrasi logo bendera Israel. /Pixabay/jorono/
  
 
BERITA KBB - Sejumlah organisasi masyarakat dan mahasiswa menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia. Gabungan organisasi itu antara lain Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI), Generasi Muda Persaudaraan Muslim Indonesia (GM PARMUSI), Gerakan Pemuda Kabah (GPK), Angkatan Muda Kabah (AMK), hingga Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PT NU).
 
"Kami menolak keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia," ujar Wakil Ketua Umum GMPI Bobby Khana dalam keterangannya.
 
Bobby menyebut, Israel merupakan negara penjajah sehingga perlu ditolak keikutsertaannya di Piala Dunia U-20. 
 
 
Menurutnya, Pembukaan UUD 1945 juga menyatakan “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan prikeadilan".
 
"Kehadiran Israel di Indonesia berarti menyetujui penjajahan atas Palestina yang ini bertentangan dengan pembukaan UUD 1945," ucap Bobby.
 
Dalam kesempatan itu, Bobby juga mendorong agar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama PSSI menolak kedatangan Timnas Israel.
 
 
"Kami mengajak semua elemen bangsa, khususnya para pemuda untuk terus menyuarakan penolakan atas keikutsertaan Israel dan penolakan ini sah dilakukan," ujar dia.
 
Lebih lanjut, perwakilan AMK, Darman berharap Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mendengar dorongan dari masyarakat untuk menolak kedatangan Timnas Israel. 
 
Menurutnya, penolakan itu dilakukan bukan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah.
 
"Mudah-mudahan suara ini bisa didengar Pak Erick Thohir. Suara ini suara serius," ujar Darman.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x