Soal Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan, KPK: Tidak Menutup Kemungkinan Memanggil Anies Baswedan sebagai Saksi

- 15 Maret 2021, 20:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemungkinan akan diperiksa KPK sebagai saksi soal dugaan korupsi pengadaan lahan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemungkinan akan diperiksa KPK sebagai saksi soal dugaan korupsi pengadaan lahan. /Tangkapan layar YouTube/Bang Arief

BERITA KBB- Selain ramainya pemberitaan soal pengkudetaan Partai Demokrat hingga wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode, di DKI Jakarta pun ternyata tengah hangat dibicarakan soal dugaan korupsi pengadaan lahan. 

Dugaan korupsi pengadaan lahan itu tepatnya di wilayah Cipayung, Jakarta Timur. Seperti dikutip BeritaKBB.pikiran-rakyat.com dari PMJ News, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan tengah memeriksa sejumlah saksi. 

Terkait pemeriksaan saksi ini, disampaikan oleh Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk memeriksa saksi tambahan, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

"Siapa pun saksi yang melihat dan mengetahui seluruh peristiwa dalam kasus ini. Kemarin juga kan sudah ada beberapa saksi yang diperiksa," tuturnya. 

Baca Juga: 25 Peserta Ikuti Kursus Pelatihan C PSSI Diploma Yang Diselenggarakan Askot PSSI Kota Bandung

Hasil dari pemeriksaan ini, lanjut Ali Fikri, nantinya akan dikembangkan lagi oleh tim penyidik guna mengungakap saksi-saksi lainnya. 

Ali memaparkan, keterangan dari para saksi sangat dibutuhkan untuk memperjelas kasus pengadaan lahan tersebut. 

Tak hanya itu, pihak penyidik juga sedang fokus memperdalam pasal-pasal yang akan dikenakan kepada para tersangka, usai resmi diumumkan. 

"Fokus kami itu masuk ke Pasal 2, Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), yang mana setiap orang yang melawan hukum memperkaya diri sendiri atau koorporasi, dan ada kerugian negara," ucapnya menambahkan. 

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah