BPOM RI Hentikan Peredaran Kinder Joy Sementara, Ini Alasannya

- 11 April 2022, 23:47 WIB
BPOM menarik peredaran sementara produk Kinder Joy di Indonesia.
BPOM menarik peredaran sementara produk Kinder Joy di Indonesia. /Reuters/Caren Firouz/

 
BERITA KBB - Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) Republik Indonesia ( RI ) menghentikan peredaran produk makanan dari Kinder Joy untuk sementara waktu dari penjualannya.
 
Dalam keterangan resminya BPOM RI menjelaskan akan menghentikan peredaran dan penjualan produk merek Kinder Joy untuk sementara waktu, sampai produk tersebut terbukti tidak mengandung bakteri Salmonella.
 
Hal itu diungkapkan pada Senin, 11 April 2022 pada laman resmi dari BPOM RI.
 
 
Hal itu sehubungan dengan diterbitkannya peringatan dari Food Alert Agency ( FSA ) Inggris dan negara negara Eropa lainnya terkait produk cokelat merek Kinder Joy
 
FSA Inggris memang menemukan adanya bakteri Salmonella yang terdapat di beberapa produk dari Kinder Joy.
 
Hal itu menyebabkan gejala ringan yang ditandai dengan deman, diare dan kram perut dan rata rata terjadi pada anak-anak.
 
 
Untuk varian yang disebut adalah Kinder Mini Egg, Kindern Egg Hunt Kit dan Kinder Schokobonss.
 
Adapun untuk di Indonesia terdaftar produk dari India dengn nama Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joys for Girls yang masih satu perusahaan.
 
Produk tersebut berasal dari India yang diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.
 
BPOM juga dalam pernyataanya mengatakan akan menarik Kinder Joy dari peredaran untuk sementara waktu sampai tidak terbukti dan teruji bebas dari bakteri salmonella.
 
Hal tersebut berasaskan untuk melindungi masyarakat dengan prinsip kehatihatian dan akan menguji beberapa sampel dengan acak atau random.
 
Lembaga pengawas obat dan makanan itu juga menghibau agar masyarakat bisa melaporkan apabila ada produk yang tidak memiliki izin dan tidak terdaftar di BPOM RI diharap bisa melaporkan di BPOM.
 
Hal itu bisa dilakukan dengan menghubungi narahubung di HALOBPOM atau unit layanan pengaduan konsumen di seluruh daerah di Indonesia.
 
Adapun salmonella merupakan bakteri yang bisa menyebabkan yang terkena bisa diare.
 
Biasanya salmonella ditularkan melalui hewan, bisa juga melalui buah atau sayur yang tidak dicuci dengan baik.
 
Apalagi Kinder Joy merupakan produk yang ditujukan untuk anak-anak. Sehinga bebas dari pada bakteri Salmonella dan yang lainnya. ***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x