IDAI Catat Gangguan Ginjal Misterius Terjadi Pada Anak dan Melonjak Dalam Dua Bulan Terakhir, Apa Penyebabnya?

- 13 Oktober 2022, 18:58 WIB
IDAI catat 131 anak derita gangguan ginjal akut misterius.
IDAI catat 131 anak derita gangguan ginjal akut misterius. / Pixabay/ sasint

 

 
BERITA KBB - Kementerian Kesehatan mencatat ada 131 kasus gangguan ginjal akut misterius yang tidak diketahui penyebabnya (unknown origin) atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak dari Januari sampai Oktober.
 
"Sampai saat ini total ada 131 kasus, 40 kasus di antaranya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)," ujarnya.
 
Syahril menegaskan kemunculan penyakit gangguan ginjal misterius pada anak ini tidak berkaitan dengan COVID-19. 
 
 
Saat ini pihaknya masih dilakukan penelitian untuk mencari penyebabnya.
 
"Tidak ada kaitan dengan COVID, saat ini sedang diteliti penyebabnya," imbuhnya.
 
IDAI melaporkan terjadi lonjakan kasus gangguan ginjal misterius pada anak dalam dua bulan terakhir atau Agustus hingga September.
 
Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI dr. Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengatakan kasus gagal ginjal akut AKI tersebut mulanya dilaporkan muncul hanya satu atau dua per bulan pada Januari hingga Juli. Namun kasus menjadi melonjak pada Agustus hingga September.
 
 
"Di Agustus itu kami catat ada 35 kasus. Kemudian di September meningkat menjadi 71 (kasus). Di Oktober ini, sampai tanggal 11 sembilan kasus," ujarnya dalam konferensi pers daring, pada hari Selasa 11 Oktober 2022.
 
IDAI mengungkapkan sampai saat ini penyebab gangguan ginjal akut misterius pada anak tidak diketahui penyebabnya (unknown origin) karena sesungguhnya kondisi gangguan ginjal akut umumnya memiliki sejumlah penyebab.
 
"Pada anak - anak ini (yang menderita gangguan ginjal akut misterius), kami tidak mendapatkan penyebab yang biasanya timbul pada anak - anak yang mengalami AKI,” ujarnya.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah