Iwan Bule: Saya Tak Akan Mencalonkan Diri Jadi Ketua Umum PSSI Lagi

- 19 Januari 2023, 08:41 WIB
Ketum PSSI-Iwan Bule sapaan akrabnya
Ketum PSSI-Iwan Bule sapaan akrabnya /
 
 
BERITA KBB - Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memastikan tak akan mencalonkan diri lagi sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa 16 Februari nanti. 
 
Dengan keputusannya itu, muncul pertanyaan, bagaimana nasib dari para pemain yang diproyeksikan untuk dinaturalisasi.
 
Saat dipimpin Iwan Bule, PSSI berencana menaturalisasi Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Justin Quincy Hubner, dan Rafael Struick. Keempatnya pun sudah mulai menjalani proses untuk bisa memegang status Warga Negara Indonesia. Dengan tak majunya Iwan Bule, publik khawatir keempatnya gagal jadi WNI dan bela Timnas Indonesia.
 
 
Kekhawatiran itu langsung dijawab Iwan Bule. Dia memastikan kalau proses naturalisasi keempatnya berlanjut.
 
"Saya bisa jamin bahwa proses naturalisasi pemain seperti @s.pattynama , @ivarjnr, @justinhubner5 , dan @rafaelstruick tetap berlanjut," ujar Iwan bule dalam unggahannya di akun instagramnya, @mochamadiriawan84.
 
Memang benar apa yang dikatakan Iwan Bule. Shayne Pattynama contohnya. Proses naturalisasi Shayne Pattynama sudah mendekati fase akhir. 
 
Keppres pemberian kewarganegaraan untuk Shayne Pattynama sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo.
 
"Selanjutnya, Shayne akan mengikuti pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham Prov DKI Jakarta," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, 3 Januari 2023 lalu.
 
 
Naturalisasi pemain bak proyek mercusuar PSSI di bawah arahan Iwan Bule. Sejauh ini, PSSI era Iwan Bule sudah menaturalisasi dua pemain, Sandy Walsh dan Jordi Amat.
 
Sayangnya, hanya Jordi yang bisa main di Piala AFF 2022 lalu. Kehadiran Jordi, bersama Marc Klok, tak mampu mengangkat performa Indonesia. Tetap saja, Pasukan Merah Putih tumbang di semifinal.
 
Proyek naturalisasi memang belum membuahkan hasil positif buat Indonesia. Total, sudah ada 37 pemain yang dinaturalisasi. Tapi, tak satu pun trofi mampir ke rak Indonesia.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x