Diberangkatkan Pada 18-19 April, Kepolisian RI Gelar Program Mudik Gratis Polri Presisi 2023

- 15 April 2023, 18:53 WIB
Diberangkatkan Pada 18-19 April, Kepolisian RI Gelar Program Mudik Gratis Polri Presisi 2023
Diberangkatkan Pada 18-19 April, Kepolisian RI Gelar Program Mudik Gratis Polri Presisi 2023 /PRFM
 
BERITA KBB - Polri menyelenggarakan program “Mudik Gratis Presisi Polri 2023” bagi masyarakat yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman. 
 
Program ini memiliki destinasi di pulau Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta diikuti 20 ribu penumpang. 
 
"Di Korlanta, informasi Polri sedang menyiapkan 500 bus dengan target 20.000 wisatawan domestik," ujar Kapolri Dedi Prasetyo, saat masih menjabat sebagai Kabid Humas Polri, seperti dilansir ANTARA. 
 
 
Program "Mudik Gratis Polri Presisi 2023" berangkat pada 18-19 April 2023. 
 
Keberangkatan dimulai dari kawasan Monas, Jakarta Pusat pada pukul 08:00 WIB. Setiap peserta diminta untuk membawa satu salinan KTP. 
 
Pendaftaran program "Mudik Gratis Polri Presisi 2023" berakhir pada 12 April 2023. 
 
 Pendaftaran yang dimulai sejak 29 Maret 2023 ini diperuntukkan bagi calon penumpang yang akan melakukan check-in di seluruh wilayah Samsat dan Satpa Polda Metro Jaya.
 
Berikut daftar daerah tujuan dari program “Mudik Gratis Polri Presisi 2023”:
 
 
Jawa Barat
 
Jalur utara: Indramayu - Majalengka
Jalur selatan: Tasikmalaya - Garut - Ciamis - Sumedang
 
Jawa Tengah
 
Jalur utara: Brebes - Siawi - Pemalang - Batang - Kendal - Demak - Purwodadi - Klaten - Karanganyar - Boyolali - Sragen - Sukoharjo - Wonogiri - Pacitan
 
Jalur selatan: Purbalingga - Banjarnegara - Wonosobo - Magelang - Cilacap - Kebumen - Kulonprogo - Sleman - Gunung Kidul - Bantul
 
Jalur utara-timur: Jepara - Pati - Blora
 
Jawa Timur
 
Jalur utara: Lamongan - Bojonegoro - Gresik - Sidoarjo - Pasuruan - Situbondo - Lumajang - Jember - Banyuwangi - Malang Raya
 
Jalur selatan: Ngawi - Magetan - Ponorogo - Mojokerto - Tulungagung - Trenggalek - Blitar - Nganjuk
 
Guna mengatasi kepadatan arus penumpang, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan sejumlah upaya antisipasi. Termasuk dengan memajukan libur cuti bersama menjadi 19 sampai 25 April 2023.
 
Melalui kebijakan ini diharapkan ada tambahan hari yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan lebih awal atau tidak mepet dengan hari H Lebaran.
 
"Jadi, tekanan di hari puncak arus mudik bisa didorong ke depan atau di hari-hari sebelum puncak," tutur Menhub di Jakarta, Kamis 13 April 2023.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x