Bio Farma dan Pemerintah Indonesia Serah Terimakan Hibah Vaksin Pentavalen ke Nigeria

- 23 Juni 2023, 14:55 WIB
Serah Terima Hibah Vaksin  Pentavalen Produksi Bio Farma dari Duta Besar RI, Usra Hendra Harahap (kelima dari kanan) dan Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indirati (keempat dari kanan) kepada Executive Director NPHCDA Nigeria, Faisal Shuaib (keempat dari kiri) di Kantor Pusat NPHCDA Abi
Serah Terima Hibah Vaksin Pentavalen Produksi Bio Farma dari Duta Besar RI, Usra Hendra Harahap (kelima dari kanan) dan Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indirati (keempat dari kanan) kepada Executive Director NPHCDA Nigeria, Faisal Shuaib (keempat dari kiri) di Kantor Pusat NPHCDA Abi /Istimewa/

BERITA KBB - Bio Farma, induk Holding BUMN Farmasi bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia Abuja Nigeria menghadiri acara serah terima hibah vaksin dari Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Federal Republik Nigeria pada 16 Juni 2023, di Kantor Pusat National Primary Health Care Development Agency (NPHCDA) Abuja, ibukota Nigeria.

Acara serah terima hibah 1.580.000 dosis vaksin pentavalent ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indriati, Duta Besar Republik Indonesia untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap, dan Executive Director National Primary Health Care Development Agency Nigeria, Faisal Shuaib.

Duta Besar RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap menyampaikan bahwa Indonesia telah menghibahkan 1.580.000 dosis Vaksin Pentavalen kepada Nigeria untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Haemofilia Influenza tipe B. sambil menjelaskan pentingnya bantuan ini bagi dunia kesehatan Nigeria.

Baca Juga: Simak! Daftar Pemain Ftv Sctv 'Sa Ae Mas Ukulele' Jumat 23 Juni 2023 Pukul 12.30 WIB

"Dengan senang hati, saya informasikan kepada Anda semua bahwa untuk donasi ini, sebanyak 730 ribu dosis vaksin pentavalent tahap 1 telah tiba di Nigeria pada tanggal 30 Mei 2023, kemudian tahap 2 sebanyak 850 ribu dosis tiba pada tanggal 14 Juni 2023 sehingga total 1.580.000 dosis vaksin telah tiba di Nigeria.

Vaksin ini digunakan untuk meningkatkan sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan cakupan imunisasi agar setiap anak di Nigeria dapat tumbuh dengan sehat dan aman. Misinya adalah untuk mencegah penyakit seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan influenza tipe B " ujar Usra

Usra menambahkan bahwa beban penyakit-penyakit yang dapat dicegah ini akan sangat berkurang dengan imunisasi menyeluruh, terutama di antara populasi yang paling rentan, seperti bayi baru lahir dan anak-anak.

Baca Juga: PT Perkebunan Nusantara VIII Melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Badan Bank Tanah

“Total 1.580.000 dosis Vaksin Pentavalen yang disumbangkan oleh Pemerintah Indonesia kepada Nigeria melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI)/ Indonesian Aid ini dibuat oleh produsen Indonesia, Bio Farma" papar Usra.

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indriati, menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari Bio Farma adalah untuk memperkuat kolaborasi dengan Nigeria untuk mengembangkan kemandirian produksi vaksin di Nigeria.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x