Termasuk Jawa Barat, Berikut Daftar Provinsi Diprediksi Terdampak Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 1-7 September 2023

- 2 September 2023, 07:35 WIB
Termasuk Jawa Barat, Berikut Daftar Provinsi Diprediksi Terdampak Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 1-7 September 2023
Termasuk Jawa Barat, Berikut Daftar Provinsi Diprediksi Terdampak Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 1-7 September 2023 /tangkap layar/magma.esdm
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya potensi cuaca ekstrem hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia selama kurun 1-7 Agustus 2023. 


Menurut laporan peringatan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG, sebagian wilayah Sumatra bagian utara dan barat, Kalimantan bagian utara, dan Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua akan cenderung hujan sedang hingga lebat.


Pantauan BMKG mendapati adanya daerah perlambatan angin yang memanjang dari perairan barat Sumatra Utara hingga Selat Malaka, dari Sumatra Barat hingga Riau, di Jawa Tengah, di Laut Natuna, dan di perairan selatan Kalimantan Selatan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Anime untuk Akhir Pekan: Summer Wars


Daerah konvergensi juga berada di utara Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Nusa Tenggara Timur, di Laut Banda, dan dari Papua hingga Papua Barat.


Berdasarkan pantauan di atas, BMKG memprediksi hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan berpeluang terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.


Masyarakat yang berdomisili di daerah tersebut agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.


Untuk selengkapnya, berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat hingga sedang selama 7 hari ke depan, 1-7 September 2023. Perlu dicatat bahwa informasi ini bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x