Peringatan Dini Cuaca 22-23 September 2023, Angin Kencang Bakal Terpa Jawa Barat dan Wilayah Nusa Tenggara

- 22 September 2023, 06:14 WIB
Peringatan Dini Cuaca 22-23 September 2023, Angin Kencang Bakal Terpa Jawa Barat dan Wilayah Nusa Tenggara
Peringatan Dini Cuaca 22-23 September 2023, Angin Kencang Bakal Terpa Jawa Barat dan Wilayah Nusa Tenggara /
 

Berita KBB - Laporan peringatan dini cuaca yang dirilis BMKG pada Kamis 21 September 2023 ini mengungkap bahwa sebagian kecil wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan dan Papua diprediksi turun hujan dalam kurun waktu 2 hari ke depan.


Selain itu, wilayah pulau Jawa dan kepulauan Nusa Tenggara berpotensi ditiup angin kencang pada rentang waktu tersebut.


Kondisi cuaca tersebut dipengaruhi sirkulasi siklonik yang terpantau di Laut Cina Selatan sebelah selatan Vietnam dan Laut Filipina sebelah timur Filipina, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin di masing-masing perairan tersebut.

 

Baca Juga: Upaya Preventif Operasi Zebra Jaya 2023 dari Polres Metro Depok


Daerah perlambatan angin juga terpantau memanjang dari Laut Andaman hingga Teluk Thailand, dari Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai, dari Sumatra Selatan hingga perairan selatan Kepulauan Natuna, Kalimantan Barat hingga Laut Natuna Utara.


Area konvergensi serupa juga terlihat memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dan dari Papua bagian tengah hingga Samudera Pasifik utara Biak.


Sementara daerah pertemuan angin terpantau berada di Laut Andaman, Laut Cina Selatan dan di Laut Filipina. Awan hujan berpotensi terbentuk di sepanjang wilayah-wilayah tersebut.


Berikut ini prediksi sebaran cuaca Indonesia pada Jumat-Sabtu 22-23 September 2023 sebagaimana diinformasikan laman resmi BMKG. Perlu diingat bahwa data di bawah ini hanyalah prediksi, sehingga cuaca yang terjadi sebenarnya bisa saja berbeda.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x