Bullying di Indonesia: Masalah yang Belum Tuntas

- 7 Oktober 2023, 08:44 WIB
 pelaku bullying  Bullying di Indonesia: Masalah yang Belum Tuntas
pelaku bullying Bullying di Indonesia: Masalah yang Belum Tuntas /Risda/

 

 

BERITA KBB - Bullying atau perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang oleh seseorang atau kelompok terhadap orang lain yang lebih lemah atau rentan. Bullying bisa berupa kekerasan fisik, verbal, psikologis, atau sosial. Bullying bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan pendidikan, baik sekolah maupun kampus.

Fakta Mengejutkan tentang Bullying di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan angka kejadian bullying cukup tinggi di dunia. Menurut data UNICEF pada tahun 2016, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah kasus bullying paling banyak, diikuti oleh Vietnam dan Kamboja.

 Baca Juga: Siap Goyang Lidah, Sebanyak 70 Stan Bakal Puaskan Pecinta Pedas di Bandung Seuhah 3:

Data terbaru dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa ada 226 kasus yang meliputi kekerasan fisik dan perundungan. Dari Januari hingga Oktober 2022, kasus bullying di sekolah meningkat menjadi 81 kasus.

 

Bullying tidak hanya terjadi di tingkat SD, SMP, dan SMA, tetapi juga di perguruan tinggi. Beberapa kasus bullying yang viral di media sosial melibatkan mahasiswa dan dosen sebagai pelaku maupun korban. Misalnya, di salah satu kampus swasta di Bandung, tersebar video yang memperlihatkan sejumlah oknum dari lingkungan kampus tersebut melakukan perundungan terhadap seorang pria yang diduga mahasiswa baru dengan cara melontarkan cacian seraya menjambak rambut si korban. Di salah satu kampus negeri ternama di Makassar, pelaku perundungan melibatkan sejumlah dosen terhadap mahasiswa baru.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x