BMKG: Jakarta Hingga Sulawesi Tengah Alami Cuaca Ekstrem 7 Hari Ke Depan, Dampak Bibit Siklon Tropis 94W

- 7 November 2023, 08:17 WIB
BMKG: Jakarta Hingga Sulawesi Tengah Alami Cuaca Ekstrem 7 Hari Ke Depan, Dampak Bibit Siklon Tropis 94W
BMKG: Jakarta Hingga Sulawesi Tengah Alami Cuaca Ekstrem 7 Hari Ke Depan, Dampak Bibit Siklon Tropis 94W /
 

 

Berita KBB - Laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG pada Senin 6 November 2023 mengungkap bahwa dalam kurun sepekan ke depan, sebagian wilayah wilayah Sumatra, Kalimantan hingga Papua berpotensi hujan sedang hingga lebat.


Menurut laporan tersebut, kondisi cuaca ekstrem ini merupakan pengaruh bibit siklon tropis 94W yang berada di perairan utara Papua Barat dan sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan.


Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin memanjang dari Selat Karimata hingga Kalimantan Utara. Kedua fenomena ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah-daerah tersebut.

 

Baca Juga: Benarkah Asnawi Kirim Kado Spesial Untuk Fuji? Chat Tersebar di Media Sosial, Bikin Gemes!


Berdasarkan temuan ini, BMKG memprediksi potensi hujan sedang-lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Papua. 


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, dan dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.


Berikut sebaran potensi cuaca ekstrem hujan sedang-lebat di wilayah-wilayah tersebut selama sepekan ke depan. Perlu dicatat bahwa informasi berikut bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.


Selasa-Rabu 7-8 November 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x