Link Twibbon Hari Diabetes Sedunia 14 November, Pentingnya Ketahui Risiko Penyakit yang Jadi Bom Waktu

- 14 November 2023, 14:34 WIB
Link Twibbon Hari Diabetes Sedunia 14 November, Pentingnya Ketahui Risiko Penyakit yang Jadi Bom Waktu
Link Twibbon Hari Diabetes Sedunia 14 November, Pentingnya Ketahui Risiko Penyakit yang Jadi Bom Waktu /freepik.com/rawpixels.com
 

Berita KBB - Selasa 14 November 2023 diperingati secara internasional sebagai World Diabetes Day (WDD) atau Hari Diabetes Sedunia. Momentum peringatan ini pertama kali digagas pada 1991 oleh International Diabetes Foundation (IDF) dan World Health Organization (WHO).


Untuk memeriahkan momentum peringatan yang dilatarbelakangi meningkatnya ancaman kesehatan yang timbul dari penyakit gula ini, berikut link Twibbon Hari Diabetes Sedunia 14 November 2023 yang bisa diunduh untuk unggahan media sosial masing-masing.


Sebelum mengunduh twibbon Hari Diabetes Sedunia 14 November 2023, simaklah pembahasan sekilas mengenai sejarah World Diabetes Day dan tema peringatan untuk tahun ini.

 

Dikutip dari laman WDD, Hari Diabetes Sedunia sejak 2006 ditetapkan sebagai hari resmi PBB dengan berlakunya Resolusi 61/225. Tanggal 14 November dipilih karena merupakan hari lahir Sir Frederick Banting, salah seorang penemu insulin di samping Charles Best.


Diperingati lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara, World Diabetes Day bertujuan menggiatkan pentingnya mengambil tindakan yang terkoordinir untuk mengatasi penyakit gula yang merupakan masalah kesehatan global.


World Diabetes Day mengadopsi logo berbentuk lingkaran biru, yang merupakan simbol kesadaran akan diabetes dan menjadi simbol kesatuan komunitas penyakit gula di dunia atas respons terhadap merebaknya penyakit tersebut.


Tahun ini, WDD mengusung tema Access to Diabetes Care atau dalam Bahasa Indonesia adalah Akses Menuju Penanganan Diabetes. Tema ini sudah bergulir sejak 2021 dan berjalan dalam kurun waktu 1 tahun atau lebih.


Pada tema tersebut, WDD berfokus pada pentingnya mengetahui risiko terkena diabetes tipe 2 untuk membantu menunda atau bahkan mencegah kondisi tersebut. 


Diketahui, 1 dari 10 orang dewasa di dunia mengidap penyakit diabetes. Lebih dari 90 persen di antaranya mengalami diabetes tipe 2, bahkan hampir separuhnya masih belum terdiagnosis.


Jika tidak ditangani atau terdeteksi sejak dini, maka diabetes dapat berimbas pada berbagai penyakit dan kondisi yang mengancam keselamatan nyawa.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Twibonnize.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x