Waduh! PDIP Kurang Dipercaya Masyarakat Sumatra Barat, Ternyata Ini Alasannya

- 12 Oktober 2020, 14:50 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani. /ANTARA/Syaiful Hakim/


BERITA KBB- Sebagian besar masyarakat Sumatra Barat kurang percaya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lantaran tidak sesuai dengan kultur mereka.

Hal itu terungkap dalam survey Lembaga Riset dan Konsultan Spektrum Politika terkait dengan keberadaan parta pimpinan Megawati Soekarno Putri di Sumatra Barat.

Bahkan, banyak yang menilai para politisi PDIP jarang bertegur sapa dengan masyarakat. Hal ini menunjukkan lemahnya komunikasi politik partai berlambang kepala banteng tersebut.

Dari survei yang dilakukan terhadap 1.220 responden, sebanyak 62,3 persen tidak merasakan kehadiran tokoh PDIP yang mau menampung aspirasi mereka.

Baca Juga: Profil dan Biodata Terlengkap Para Pemain 'Samudra Cinta' SCTV

Peneliti Lembaga Riset dan Konsultan Spektrum Politika Andri Rusta di Padang, Minggu, 11 Oktober 2020 mengatakan, survei tersebut bertema persepsi masyarakat Sumatera Barat terhadap PDIP dan eksistensi usai Pemilu 2019 dilakukan pada 10-15 September 2020.

Survei ini mengumpulkan data di 19 kabupaten/kota. Sampel kemudian diacak secara proporsional dengan memperhatikan jumlah penduduk. Termasuk karakteristik penduduk yang ada di kabupaten/kota dengan margin of error 2,9 persen.

Untuk menjaga kualitas survei, maka quality control juga dilakukan dengan cara menelpon ulang responden untuk mengkonfirmasi jawaban mereka sebelumnya terhadap 60 persen dari total sampel yang diwawancarai oleh enumerator sebelumnya.

Menurut dia, pencapaian PDIP di Sumbar pada pemilu 2019 tidak buruk amat. Pasalnya, PDIP dapat memenangkan posisi sebagai Ketua DPRD di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x