Komit pada Akses Air Bersih dan Kelayakan Sanitasi di Indonesia, Ini Langkah SATO!

- 27 Juni 2024, 05:52 WIB
Presentasi Erin McCusker di 10th World Water Forum, Bali
Presentasi Erin McCusker di 10th World Water Forum, Bali /Istimewa/

BERITA KBB – Erin McCusker, salah satu pembicara terkemuka pada 10th World Water Forum di Bali, mengusung pentingnya mencapai akses universal terhadap air bersih dan sanitasi, yang sejalan dengan topik forum tersebut yaitu “Water for Shared Prosperity.” McCusker menekankan upaya substansial dan aspirasi masa depan SATO dalam menghadapi tantangan sanitasi global dalam presentasinya yang bertajuk "SATO - Solusi Sanitasi dan Kebersihan untuk Menjangkau 100 Juta Orang."

SATO, sebuah bisnis sosial yang dinaungi oleh LIXIL, bersama dengan beberapa brand lain seperti INAX, American Standard, Grohe, dan Tostem—telah memberikan dampak positif kepada lebih dari 45 juta orang di 45 negara.

Dengan dukungan kuat dari LIXIL, SATO bertujuan untuk memperluas jangkauannya hingga 100 juta orang secara global pada akhir tahun 2025.

Baca Juga: PDAM Tirtawening Ajukan 21.000 Rumah Tangga Dapatkan Hibah Presiden Pemasangan Sambungan Air Bersih Gratis

Indonesia masih menghadapi tantangan sanitasi yang besar. Pada tahun 2020, lebih dari 13 juta orang Indonesia, atau 11% dari populasi, masih melakukan buang air besar sembarangan.

Hampir 4 juta orang menggunakan toilet yang tidak memadai, dan sekitar 20% sekolah pra-sekolah dasar dan menengah tidak memiliki layanan sanitasi dasar, sehingga berdampak pada kesehatan dan pendidikan anak-anak. Sanitasi yang tidak memadai di Indonesia memberikan dampak yang luas, merugikan negara sekitar $6,3 miliar per tahun, setara dengan hampir 2,3% PDB.

Menanggapi tantangan-tantangan ini, LIXIL dan SATO secara aktif berinvestasi dalam solusi sanitasi dan kebersihan inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia.

Baca Juga: Rumah Cerdas AIS-GP Pakenjeng Bantu Warga Yang Kesulitan Air Bersih

SATO menawarkan beragam produk yang terjangkau dan mudah diakses, dimulai dengan SATO Pan yang diluncurkan pada tahun 2013, dan diperluas hingga mencakup sistem I-trap dan V-trap. Produk – produk SATO ini memastikan sanitasi dikelola dengan aman dan memenuhi kebutuhan spesifik masyarakat setempat.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah