PSSI Kirimkan Surat Protes kepada AFF Terkait Laga Vietnan vs Thailand di Grup A Piala AFF U19 2022

- 11 Juli 2022, 20:21 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan PSSI kirim surat protes kepada AFF terkait laga Thailand vs Vietnam yang dituding tidak fair play./youtube.com
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan PSSI kirim surat protes kepada AFF terkait laga Thailand vs Vietnam yang dituding tidak fair play./youtube.com /

BERITA KBB - PSSI kirinkan surat protes kepada AFF terkait laga Vietnan vs Thailand di Grup A Piala AFF U19 2022.
PSSI melayangkan surat protes hari ini karena laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U19 2022 dituding tidak fair play.
Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan mengatakan keputusan protes kepada AFF diambil setelah melakukan rapat tiga jam pada, Senin 11 Juli 2022.
"Kami ajukan protes ke AFF berkaitan dengan fair play yang terjadi permainan antara Vietnam dan Thailand yang kita lihat di 10 menit terakhir," kata Iriawan saat jumpa pers di Plaza Mandiri Jakarta.
"Terutama ditengarai adanya bola hanya berputar-putar di tengah yang sangat terlihat di menit 84 itu berputar dan passing-passing di sekitar garis 16. Kami ingin memastikan bertanya ke AFF atau protes apakah itu fair play atau tidak? Karena ini menjadi acuan bagi kami, bila itu dibilang fair play kami bisa melakukan itu di suatu saat karena di luar dugaan kami," tuturnya.
Menurut Mochamad Iriawan, kondisi skor 1-1 sangat lah tidak mungkin terjadi apalagi yang bertanding merupakan dua tim besar.
Dengan hasil itu, Indonesia gagal lolos ke semi final Piala AFF U19 2022 meski menang besar atas Myanmar dengan skor 5-1.
Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 11 poin di Grup A Piala AFF U19 2022.
Indonesia kalah head to head hingga harus puas menempati posisi ketiga.
"Sebelum pertandingan mulai saya diskusi dengan Shin Tae-yong di ruangan team meeting. Saya skenariokan kalau ini terjadi 1-1 bagaimana? Shin Tae-yong yakin sekali bahwa Vietnam dan Thailand melakukan ini," katanya.
"Kami tidak menuduh mereka melakukan sesuatu, main sabun-lah atau apa, tapi yang jelas kami lihat jalannya pertandingan kemarin ada waktu yang kira-kira tidak pantas dilakukan dua negara besar dengan dua pemain yang bagus katanya," katanya.
Ketum PSSI mengatakan surat masih disiapkan oleh timnya dan akan meminta jawaban dari AFF secepatnya, dengan tembusan ke AFC dan FIFA.
"Surat sedang dikonsep tim legal dan kesekjenan diharapkan hari ini (dikirim), paling telat besok kami akan kirim ke AFF dan pasti tembusan ada ke AFC dan FIFA. Kami kirim juga bukti rekamannya ke AFC dan FIFA. Kami akan serahkan semua 2x45 menit dan 10 menit terakhir yang kita rasa tidak pas," katanya.
"Silakan AFF menurunkan tim investigasi ke sini. Itu silakan tetapi yang jelas kami sudah rapat tadi selama 3 jam bersama seluruh perangkat PSSI dan kami memutar rekaman video Vietnam lawan Thailand," kata Iriawan.
"Bahkan, tadi Shin Tae-yong menyampaikan diwakilkan coach Nova, ada pemain Vietnam, yang jatuh dibantu oleh Thailand dan itu wajar itu bentuk fair play, di situlah Shin Tae-yong menyampaikan mengapa pertandingan tidak berjalan fair play," katanya.***

Editor: Syamsul Maarif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x