Menikmati Asrinya Pulau Ubin, Ada Kampung Terakhir di Singapura

- 7 Oktober 2020, 11:03 WIB
Merlion, patung ikonik di Singapura.
Merlion, patung ikonik di Singapura. /Pixabay/sasint

BERITA KBB – Destinasi wisata di Singapura tak melulu identik dengan Merlion. Namun, banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di negeri tersebut, di antaranya Pulau Ubin. 

Pulau Ubin adalah sebuah pulau di timur laut daratan Singapura. Jalan yang tersedia adalah Jalur sepeda dan jalan setapak melintasi perbukitan, melewati tambang granit bekas dan kampung tradisional (desa). Kingfishers dan burung bulbul mendiami dataran pasang surut dan hutan bakau di Chek Jawa Wetlands.

Menara observasi Jejawi dan jalan kayu melingkar menawarkan pemandangan daerah ini. Kuil Fo Shan Ting Da Bo Gong menyimpan patung dewa lokal.

Baca Juga: Live Streaming FTV Pagi SCTV 'Diculik Cinta Timo', Rabu 7 Oktober 2020, Sedang Tayang

Untuk sampai ke Pulau Ubin, dari changi airport bisa naik MRT ke Tanah Merah MRT Station (EW4) hanya 2 stop saja sudah samapi, lalu naik Bus No. 2 ke persimpangan bus Changi Village. Dermaga Changi Point tidak jauh dari persimpangan bus.

Dari dermaga, naik kapal bumboat ($2 per orang dewasa sekali jalan) ke Ubin. Suaka pulau yang tenang ini adalah tempat yang populer bagi pecinta alam dan pelancong harian yang melepas lelah dari hiruk pikuk kota.

Awalnya, dikenal sebagai Pulau Batu Jubin (Pulau Batu Granit dalam bahasa Melayu), tambang granit pulau seluas 1020 hektar ini pernah menjadi batu yang digunakan untuk membangun bangunan seperti Istana dan Jalan Lintas Johor Singapura.

Baca Juga: (Bagian Kedua) Ditemukan Buku Kuno yang Mengungkap Fakta Baru Sejarah Kelahiran PERSIB

Pengunjung pulau akan dapat mengagumi situs bersejarah ini, di samping perkebunan karet kelapa, peternakan ikan, dan kampung terakhir Singapura (desa tradisional).

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x