Pramuka Punya Sejarah di Indonesia, Inilah Hal Yang Hanya Ada di Pramuka dan Manfaatnya

- 24 Juli 2023, 06:04 WIB
Pramuka Punya Sejarah di Indonesia, Inilah  Hal Yang Hanya Ada di Pramuka dan Manfaatnya
Pramuka Punya Sejarah di Indonesia, Inilah Hal Yang Hanya Ada di Pramuka dan Manfaatnya /Unsplash.com/septian akbar
 

Berita KBB- Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Bicara organisasi yang satu ini, perkumpulan yang menjadikan sapu tangan leher atau hasduk serta tongkat dan tali temali sebagai bagian dari kegiatannya. Pramuka memiliki sejarah yang  sangat panjang.

Di Indonesia setelah bangsa ini berhasil meraih kemerdekaan, pada 28 Desember 1945 lahir organisasi bernama Pandu Rakyat.

Sebagai tidak lanjut dari peristiwa di tahun 1960, ketika pemerintah dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) mengupayakan pembenahan organisasi kepramukaan di Indonesia. Pada 9 Maret 1961, tokoh-tokoh dari gerakan kepramukaan dij Indonesia, sebagai tindak lanjut dikumpulkan oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Ganteng Review Cinta Cirengnya Dong, Adinda Azani dan Alzi Markers, 08:00 WIB

Hari Ikrar Gerakan Pramuka,  lahir ketika terjadi hari yang bersejarah, saat seluruh tokoh-tokoh kepanduan Indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan organisasi gerakan Pramuka. Bertempat di Istora Senayan pada 30 Juli 1961.

Hal-Hal Yang Hanya Ada di Kegiatan Pramuka

Hal yang membuat Pramuka jadi semakin keren karena beberapa hal hanya ada di dalam organisasi ini. Mulai dari diajari mendirikan tenda, belajar tentang kekompakan dan kerja sama, mempelajari tali temali, hingga kode-kode rahasia seperti sandi dan semaphore.

Manfaat Ikut Pramuka

1.      Belajar Organisasi dan Bekerja Sama

Rangkaian kegiatan Pramuka biasanya selain banyak juga padat. Selain itu Pramuka juga memiliki anggota dengan karakter dan latar belakang yang berbeda. Sehingga bersosialisasi lantas berteman menjadi hal yang harus diupayakan. Untuk mendukung lancarnya proses itu memahami karakter sesama anggota Pramuka menjadi hal yang tidak kalah penting.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: pikiran-rakyat com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah