Kolaborasi dengan Wardah, Mahasiswa FK Unpad Buat Pelembap Wajah Berbahan Baku Lokal

- 8 Oktober 2023, 20:18 WIB
produk perawatan untuk menangani jerawat berbasis kearifan lokal.
produk perawatan untuk menangani jerawat berbasis kearifan lokal. /Istimewa /

BERITA KBB - Tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang terdiri dari Tarina Kaysa Luthfia, Rolanda Rumavea Ruliff Faikar, dan Asep Wirayasa berinovasi menghasilkan produk perawatan untuk menangani jerawat berbasis kearifan lokal.

Produk bernama HERBS-IN ini berbahan dasar kunyit, cabai jawa, dan buah zaitun.

Produk ini berhasil meraih medali perak dalam kategori Personal Cares and Cosmetics di Indonesia Inventors Day (IID) 2023, sebuah ajang internsional yang digelar di Universitas Udayana, Bali, 16-19 September 2023 lalu.

Baca Juga: Cadangan Beras Jabar Aman Hingga Akhir 2023

HERBS-IN merupakan produk pelembap wajah yang diaplikasikan dengan cara disemprot. Produk ini bermanfaat untuk penanganan jerawat secara menyeluruh sebagai terapi adjuvan yang dapat menurunkan inflamasi pada jerawat, melembabkan kulit, menjaga sawar kulit, dan mengurangi rasa gatal pada jerawat.

Produk ini dibuat di bawah bimbingan para pakar kulit dari Fakultas Kedokteran Unpad, yaitu Dr. Reti Hindritiani, dr., SpKK(K), dr. Diah Puspitosari, SpKK, FINSDV, Kartika Ruchiatan, dr., SpKK(K)., M. Kes, dan Trustia Rizqandaru, dr., SpDV.

Diharapkan, produk ini dapat menjadi solusi bagi orang yang mempunyai masalah dengan jerawat. Dalam proses pembuatan prototipe, tim bekerja sama dengan Wardah yang diwakili oleh tim RnD Wardah dan sudah diuji di laboratorium di RSHS Bandung. Kolaborasi ini dilakukan agar dapat memaksimalkan hasil sesuai yang telah diformulasikan.

Baca Juga: Meriahkan World Rabies Day 2023, DKPP Kota Bandung Berikan Vaksin Rabies Gratis

“Pengujian dan diskusi dilaksanakan secara intens dengan Wardah dan pakar kulit terbaik FK Unpad agar menghasilkan produk perawatan kulit yang berkualitas tinggi dengan kearifan lokal,” kata Tarina dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.***

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x