Antisipasi Masuknya Budaya Asing yang Masif, Darul Hikam Buat Program Art Sundanese Day

- 10 Oktober 2023, 21:48 WIB
/

BERITA KBB ---Perkembangan teknologi informasi dan digital yang gencar, semakin mempermudah akses masuknya arus budaya asing yang semakin masif. Melihat kondisi ini, SMP/SMA Darul Hikam Boarding School kampus Dago Giri, tak tinggal diam.

Karena, menurut Bagian Kurikulum SMP/SMA Darul Hikam Boarding School, Nurfie Azhary M SPd, pihaknya khawatir merebaknya budaya asing ini bisa berimplikasi pada menurunnya ketertarikan siswa terhadap budaya Sunda.

"Kami menilai perlu memperkenalkan kembali budaya Sunda agar tetap terjaga. Makanya, kami membuat kegiatan Art Sundanese Day (Seni dan Bahasa Sunda)," ujar Nurfie, Senin (8/10/2023).

Baca Juga: Berhasil Tekan Inflasi, Pemkot Bandung Terus Jaga Stabilitas Harga

Nurfie pun bersyukur, semua siswa antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini. Karena, bagi mereka mungkin hal yang menarik belajar budaya yang bisa saja sudah tak terlalu akrab dengan keseharian mereka.

"Siswa antusias belajar budaya terutama saat mengenal makna filosofis dari ragam budaya Sunda," katanya.

Program Art Sundanese Day ini, kata dia, diajarkan ke siswa untuk memperkenalkan kekayaan budaya. Serta, pentingnya pelestarian budaya sunda di tengah perkembangan teknologi digital.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 11-12 Oktober 2023: Jabar, Kalbar, Jambi dan Sejumlah Provinsi Lain Berpotensi Hujan Lebat

"Tujuannya sederhana, memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal, dengan harapan budaya sunda ini masih dikenal dan digunakan oleh siswa," paparnya.

Nurfie menjelaskan, Seni dan Bahasa Sunda yang diajarkan, bentuknya adalah kaulinan sunda, kakawihan, aksara sunda, seni membatik dengan metode tie dye.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x