Mahasiswa Unpad Buat Alga Cokelat Bisa Mencerahkan Kulit dan Menjadi Masker 'Peel Off' Anti Jerawat

- 16 Oktober 2020, 18:51 WIB
Lalumiere
Lalumiere /Unpad. Ac. Id

BERITA KBB - Alga cokelat yang banyak terdapat di pesisir laut Indonesia ternyata ekstraknya bisa dibuat me njadi masker "peel off" anti jerawat lho. 

"Peel off" anti jerawat dari ekstrak "Turbinaria ornata" yang diberi nama "Lalumiere" itu, dibuat oleh empat mahasiswa Universitas Padjadjaran. 

Mereka adalah Dian Amalia Maharani (Farmasi), Dede Jihan Oktaviani (Farmasi), Shella Widiyastuti (Farmasi), dan Adila indah Sari Harahap (Akuntansi).

Baca Juga: Tak sampai 160 cm, Ini Tinggi Badan Nikita Willy dan 11 artis Cantik Lainnya yang Memesona

Dengan dosen pembimbing Dr. apt. Ade Zuhrotun, M.Si, mereka menggagas ide tersebut melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dan telah lolos didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi RI tahun 2020.

Alga cokelat sendiri diyakini memiliki daya antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan antipoliperatif. Akan tetapi, tumbuhan ini belum banyak dimanfaatkan karena masih sedikit orang yang mengetahui akan aktivitasnya.

Sementara jerawat sendiri disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus (S. aureus), sehingga perlu zat antibakteri  untuk mencegah bengkak dan infeksi pada kulit wajah.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Alami Kecelakaan

Dengan ekstrak Turbinaria ornata, masker antijerawat “Lalumiere” memiliki keunggulan dibandingkan masker lain yang memiliki kandungan berbeda.

Daya hambat Turbinaria ornata terhadap P. acne diyakini lebih besar 160 kali dibanding rumput laut merah, 0,37 kali dibanding teh hijau, 35 kali dibanding spirulina, dan 11 kali dibanding kunyit.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: Unpad.ac.id


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x