Wacana Pemekaran Kota Lembang, Pengamat: Sah-Sah Saja, Tapi Lebih Cocok Jadi Kabupaten

- 8 November 2020, 11:58 WIB
Saat Jakarta mula terapkan kembali PSBB Ketat, Ratusan Warga Kota Bandung malah berwisata ke daerah Lembang tanpa menggunakan masker
Saat Jakarta mula terapkan kembali PSBB Ketat, Ratusan Warga Kota Bandung malah berwisata ke daerah Lembang tanpa menggunakan masker /Budi Satria/PRFM

BERITA KBB - Wacana Pemekaran Kota Lembang dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah mencuat. Lembang merupakan salah satu dari 16 kecamatan di KBB yang dikenal sebagai kota wisata.

Munculnya wacana tersebut berawal dari Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkoteda) Jawa Barat yang mengajukan Lembang sebagai salah satu Daerah Otonomi Baru (DOB).

Pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Nurtanio, Djamu Kertabudi menilai, wacana pembentukan Kota Lembang sebagai sebuah aspirasi suatu komunitas masyarakat merupakan suatu sah-sah saja.

Baca Juga: Menyedihkan! Bantuan Subsidi Gaji Ditunda, Penerimanya pun Berkurang

Akan tetapi, dia mempertanyakan soal wacana pemekaran daerah menjadi suatu kota. Dengan karakteristik wilayah yang dimiliki, menurut dia, pemekaran wilayah Lembang lebih pas jika menjadi kabupaten.

"Kenapa bukan Kabupaten Lembang? Dilihat dari aspek karakteristik dan potensi wilayah, Lembang dan sekitarnya, sebagian besar merupakan wilayah pertanian, dengan kultur masyarakat pedesaan (rural community)," kata Djamu, Sabtu, 7 November 2020.

Baca Juga: Selain Alquran, Ini Daftar Barang yang Suka Dibawa Arya Saloka 'Ikatan Cinta' di Mobilnya

Menurut dia, hanya sebagian kecil terdapat masyarakat urban di kawasan Lembang dan sekitarnya. Karakteristik dan potensi daerah yang seperti itu, kata dia, merupakan ciri dari suatu kabupaten.

"Pemerintahan saja menjadi persoalan tersendiri, apalagi dari berbagai aspek lainnya, seperti kebijakan Kawasan Bandung Utara, dan eksistensi Kabupaten Bandung Barat ke depan," kata Djamu. 

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah