Keren, 12 Karya Terbaik Juarai Penghargaan Jurnalistik BI Jabar 2021

- 7 Desember 2021, 20:15 WIB
Acara penganugerahan karya jurnalistik PJBI 2021 di Savoy Homan, Bandung, Selasa, 7 Desember 2021.
Acara penganugerahan karya jurnalistik PJBI 2021 di Savoy Homan, Bandung, Selasa, 7 Desember 2021. /Fdwb/

BERITA KBB - Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia (PJBI) Jawa Barat akhirnya mendapatkan karya terbaik sebagai juara. Total ada 12 karya jurnalis berhasil mendapat poin tertinggi dari empat kategori yang diperlombakan.

Sejak diumumkan pada Oktober 2021, total lebih dari 100 karya dihasilkan peserta, terdiri dari kategori media cetak, media online, video, dan foto story. Penjuarian pun dilakukan berbagai kalangan mulai dari akademisi, praktisi, dan perwakilan dari BI Jawa Barat.

Dalam PJBI kali ini, jurnalis mengangkat UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat yang berhubungan dengan Inovasi UMKM di Tengah Pandemi, Green Economy UMKM, Digitalisasi dan Smart Integrated Farming, UMKM Go Global, dan UMKM Berbasis Pondok Pesantren.

Di masa pandemik COVID-19, UMKM memiliki peran penting dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pengembangan UMKM juga perlu dikaitkan dengan upaya pengendalian inflasi sebagaimana arahan Bp Presiden dalam Rakornas TPIN.

Baca Juga: Mau Pakai Nama Ridwan Kamil untuk Merek Produk UMKM? Ini Syaratnya

Kepala BI Jabar Herawanto mengatakan, kegiatan ini memberikan dukungan terhadap peran serta UMKM di Tanah Pasundan untuk terus berkreasi di kala pandemik yang dihilirnya mampu memberi dampak pada perekonomian nasional.

"Meski UMKM sudah sering hadir dalam berbagai ajang dan pemberitaan, tapi kami ingin tetap mendorong pelaku usaha tetap tumbuh dan berkembang, salah satunya melalui pemberitan di media massa. Maka penting bagi kita untuk terus mengangkat tentang UMKM," ujar Herawanto pada acara penganugerahan karya jurnalistik PJBI 2021 di Savoy Homan, Bandung, Selasa, 7 Desember 2021.

Menurutnya, Jawa Barat memiliki jumlah UMKM terbesar kedua di Indonesia. Dari sektor ini setidaknya ada 22 juta pekerja yang bisa mendapatkan penghasilan. Angka tersebut belum termasuk kebermanfaatan UMKM untuk keluarga para pekerja.

Baca Juga: Kedatangan Duta Besar Tunisia Zuhairi Misrawi, Produk UMKM Kabupaten Bandung Barat Siap Dipasarkan di Tunisia

Salah satu juri, Hazmirullah mengatakan, dalam PJBI 2021 seluruh karya tulis yang masuk ke panitia sangat menginspirasi. Mereka mampu mengangkat kisah UMKM mitra BI secara baik. Hal ini bagus karena bisa mendorong UMKM lain untuk bisa mencotoh mitra BI tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah