Anak Anda Susah untuk Diatur? Berikut 6 Cara Sederhana agar Anak Bisa Mandiri dan Disiplin

- 31 Januari 2021, 12:57 WIB
Ilustrasi anak dan orang tua.
Ilustrasi anak dan orang tua. /Freepik.com/Senivpetro/

BERITA KBB- Setiap pasangan yang sudah dikaruniai buah hati, pasti memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk merawat dan mendidiknya.

Namun, dalam prosesnya, terkadang tak semulus yang dibayangkan. Ada saja kelakukan anak-anak yang membuat orang tua gemas. Kendati demikian, rasa cinta dan sayang yang luas terhadap mereka mengalahkannya.

Selain itu, orang tua juga pasti ingin selalu melindungi anaknya dari rasa sakit, bahaya, pengalaman buruk, ketidakbahagiaan, kegagalan, serta penolakan. Orang tua pasti ingin menjadi garda terdepan bagi anak-anaknya.

Tetapi menjadi orang tua yang terlalu protektif justru menjauhkan anak Anda dari sikap bertanggung jawab. Sehingga mereka enggan berani ambil risiko terhadap tantangan dalam hidup.

Baca Juga: Penyintas dan Penerima Vaksin Harus Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Tak jarang pula, saking sayangnya, orang tua rela memberi segalanya. Namun, ternyata, memberi segalanya kepada anak, terutama secara harta, harus diiringi dengan pendidikan moral. Salah satunya adalah penerapan disiplin dan mandiri.

Oleh karena itu, menyitir laman Boldsky pada Minggu, 31 Januari 2021, berikut 6 cara sederhana agar anak Anda dapat menumbuhkan sikap disiplin dan mandiri. Namun, perlu dicatat, cara ini harus disesuaikan juga dengan fase usia anak.

Baca Juga: Sinopsis Hercai Minggu 31 Januari, Kebobrokan Azize Mulai Terbongkar Satu Per Satu, Miran Menyesali Dirinya

  1. Memberi tanggung jawab

Cara pertama agar anak disiplin dan mandiri adalah dengan memberinya tanggung jawab. Hal ini bisa dimulai dengan menugaskan pekerjaan rumah untuk ditunaikan sampai beres. Misalnya saja, mengajak anak untuk menyapu lantai, mencuci piring, atau membereskan meja.

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: Boldsky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah