5 Inspirasi Olahraga Asyik untuk Ibu Rumah Tangga yang Kesulitan Mengatur Waktu

- 3 Februari 2022, 22:41 WIB
ilustrasi olahraga
ilustrasi olahraga /pixabay.com



BERITA KBB - Berikut ada 5 inspirasi olahraga asyik untuk ibu rumah tangga yang kesulitan mengatur waktu.

Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pilihan yang dihadapkan kepada berbagai kesibukan. Seringkali ibu rumah tangga memiliki pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Ibu rumah tangga yang super super duper sibuk itu, bekerja full 24 jam. Hingga timbul pertanyaan, "Kapan ibu rumah tangga bisa berolahraga?"

Baca Juga: Antisipasi Dampak Omicron pada UMKM, Apa Saja Langkahnya?

Oleh karena itu memiliki rutinitas olahraga yang aktif setiap hari, menjadi suatu hal yang mewah atau bahkan sulit untuk dilakukan. Tidak terkecuali oleh siapapun, termasuk bagi ibu rumah tangga yang terlalu disibukkan oleh urusan rumah.

Hingga mungkin cenderung lebih sulit bagi ibu rumah tangga untuk menyesuaikan diri dalam latihan olahraga. 

Jangankan berolahraga, menjadi ibu rumah tangga yang bisa ke kamar mandi tanpa diganggu adalah suatu hal yang mewah.

Baca Juga: Komite Pemilihan Pertanyakan Legalitas Pembentukan Badan Yudisial Asprov PSSI Jawa Barat


Namun ada cara untuk membuat olahraga menjadi sebuah kenyataan dan prioritas dalam hidup, tidak terkecuali bagi seorang ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.


Berikut adalah 5 tips realistis dan mudah untuk setiap ibu yang ingin tetap bugar saat berada di rumah.

1. Berolahraga di pagi hari

Berolahragalah sebelum hari dimulai dan berlalu begitu saja. Jika kita melakukannya dengan benar, sulit untuk menemukan banyak alasan mengapa kita tidak berolahraga hari itu. 

Usahakan untuk menyisihkan waktu tiga puluh menit untuk diri sendiri sebelum atau sesudah sarapan.

Baca Juga: Masuk Wilayah Ring of Fire di Indonesia, Potensi Bencana di Jabar Tinggi

2. Berolahraga bersama anak-anak

Libatkan anak-anak Anda dalam latihan Anda. Jika mereka cukup tua dan cukup terkoordinasi, minta mereka memegang beban yang sangat ringan atau botol air dan berolahraga bersama Anda. 

Anda bahkan dapat bermain game dengan mereka yang dapat melibatkan aktivitas fisik. 

Selain itu Anda juga dapat membawa anak-anak untuk jalan-jalan atau bersepeda di mana setiap orang dapat bersenang-senang sambil tetap aktif.

Baca Juga: Dinilai Ramah Terhadap Investor, Dubes Jepang Buka Peluang Investasi

3. Jadikan ruang apa pun menjadi gym di rumah

Meskipun mungkin sulit untuk pergi ke gym atau kelas, kenyataannya adalah Anda sebenarnya tidak memerlukan peralatan kebugaran khusus atau keanggotaan gym untuk berolahraga. 

Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah kursi, dan Anda akan terkejut dengan variasi latihan yang dapat Anda lakukan dengan satu kursi.

4. Kenakan pakaian olahraga Anda sepanjang hari

Menemukan banyak waktu untuk berolahraga adalah masalah umum bagi banyak orang tua yang tinggal di rumah. Bahkan naik treadmill atau menonton video cepat 30 menit saat anak-anak tidur, bisa jadi sulit. 

Jika Anda mengenakan pakaian olahraga sepanjang hari, Anda akan selalu siap untuk berolahraga cepat atau berjalan-jalan kapan pun waktu memungkinkan. Ini mungkin juga mendorong Anda untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Baca Juga: Quotex, Binomo, Olymptrade dan Kawan-kawan Resmi Diblokir Oleh Kemendag, Bappebti : Jangan Mudah Tergiur

5. Jadikan setiap gerakan berarti

Jika tidak punya waktu untuk berolahraga terus menerus atau jika Anda melewatkan latihan, itu bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga.

Anda dapat berlari menaiki tangga dan menambahkan putaran tambahan. 

Tanpa sadar ketika melakukan berbagai aktivitas rumah tangga seperti berjalan, itu merupakan rutinitas untuk membakar kalori ekstra itu. 

Anda bahkan dapat mencoba melompat dan jongkok saat melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah atau saat mengambil sesuatu dari lantai.

Saat memulainya mungkin Anda akan merasa berat. Namun ketika sudah menjadi habis atau kebiasaan, sungguh berolahraga di rumah itu bisa dilakukan ataupun bersenang-senang di luar rumah bersama anak-anak.

Yakinlah ketika olahraga sudah menjadi bagian dari hidup, maka tidak akan terasa berat dan menjadi ringan untuk melakukannya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x