Bagaimana Cara Diet Sehat Tanpa Menyiksa Diri? Simak Penjelasannya

- 5 Agustus 2022, 12:33 WIB
Ilustrasi diet
Ilustrasi diet /pexel
 
 
BERITA KBB - Dari waktu ke waktu, selalu ada tren diet baru yang diklaim ampuh mampu menurunkan berat badan. Namun tentu saja Anda perlu menyesuaikan diet mana yang paling terasa sesuai, mulai dari pilihan menu makanan dan berbagai pantangannya. 
 
Diet adalah metode menahan segala sesuatu yang masuk kedalam kita hingga menjadi kalori. Kalori adalah hitungan satuan yang terdapat pada jumlah makanan. 
 
Umumnya baik wanita maupun pria memiliki jumlah batas kalori yang berbeda tergantung dari tinggi badan, berat badan, serta aktivitas apa yang sedang dijalankan.
 
 
Menu diet tanpa menyiksa pasti masih sangat asing bagi anda. Namun, menu diet tanpa menyiksa ini terbukti ampuh bantu turunkan berat badan.
 
Lantas bagaimana sebaiknya diet yang sehat tanpa menyiksa diri?
 
Melansir dari berbagai sumber, Berikut cara diet sehat tanpa menyiksa diri yang dapat kalian lakukan dan terapkan :
 
 
1. Wajib Sarapan
 
Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan justru dapat memicu penyakit obesitas, dan kelebihan kadar gula. Hal ini disebabkan ketika kita melewati jam makan sarapan otak yang sudah bekerja dari bangun tidur tentu saja memberi sinyal lapar. 
 
Jika anda sering melewatkan sarapan tentunya 'balas dendam' anda ketika makan siang atau malam. Biasanya juga jam makan yang kacau membuat pelampiasan sebagian orang pada jam makan malam.
 
2. Olahraga Minimal 1 Minggu 2 kali
 
Agar cepat menurunkan berat badan anda bisa melakukan diet sembari berolahraga agar tetap bugar. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan kulit anda untuk awet muda. 
 
Tidak perlu berlama-lama untuk berolahraga asalkan anda melakukan gerakan yang efektif untuk berolahraga seperti HIIT Cardio atau High Intensity Interval Training Cardio yang dapat membakar kalori cepat hanya dalam hitungan menit.
 
 
3. Menjaga Pola Makan 
 
Kunci utama dari diet adalah memangkas kalori yang masuk kedalam tubuh, maka dari itu sebaiknya anda menjaga pola makan anda dengan memperbanyak serat. 
 
Karena serat memiliki zat yang dapat membuat tubuh anda kenyang lebih lama. Selain itu anda juga harus perhatikan mikro dan makro dari suatu makanan juga dan tidak boleh berfokus pada jumlah kalori.
 
4. Jangan Mengikuti Diet Extreme
 
Terkadang seseorang ingin mendapatkan hasil yang cepat sehingga mereka rela menggunakan berbagai macam diet seperti diet ala artis korea yang mana termasuk diet extreme. 
 
Sebaiknya diet dilakukan dengan mindset pikiran bahwa anda ingin hidup sehat bukan hanya ingin memiliki bentuk tubuh yang indah dan ramping. Selain itu diet extreme dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala anorexia, magh, sampai gangguan kronis pada pencernaan.
 
5. Perbanyak Ilmu Diet dan Olahraga
 
Banyak para pemula yang salah langkah dan akhirnya menyerah pada diet yang mereka jalankan. Alangkah baiknya jika anda melakukan pencarian tentang ilmu diet dan olahraga yang baik dan benar agar anda merasa enjoy dan happy selama diet. 
 
Sekarang ada banyak youtuber Indonesia maupun luar negri yang memberikan informasi lebih lanjut mengenai dunia diet dan olahraga yang benar.
 
Setiap orang memiliki cara berbeda dalam olahraganya. Tidak semua jenis diet cocok untuk anda. Misalkan anda memiliki anemia, anda tidak disarankan untuk diet seperti OCD atau diet Keto. Sebaiknya anda hanya fokus pada pemotongan kalori (defisit) saja. 
 
Dan jangan lupa untuk selalu 'bereksperimen' terhadap berbagai jenis diet lainnya yang sudah diakui oleh pakar kesehatan agar anda menemukan mana metode diet yang cocok dan mana metode olahraga yang cocok untuk anda.
 
Diet yang baik adalah diet yang turunnya lambat tapi konsisten, sebab semakin cepat turun berat badan maka semakin cepat naik kembali berat badan kita. 
 
Maka dari itu jaga kesehatan anda dan sabar dalam melakukan diet. Kuncinya adalah untuk tetap selalu konsisten.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x