Benci Buku Rusak dan Kotor, Berikut Tips Yang Wajib Diamalkan Pecinta dan Yang Selalu Terlibat Dengan Buku

- 28 Juli 2023, 07:40 WIB
Benci Buku Rusak dan Kotor, Berikut Tips Yang Wajib Diamalkan Pecinta dan Yang Selalu Terlibat Dengan Buku
Benci Buku Rusak dan Kotor, Berikut Tips Yang Wajib Diamalkan Pecinta dan Yang Selalu Terlibat Dengan Buku /Tangkap layar/Namastest
 

Berita KBB- Buku kerap kali dianggap benda yang bikin bosan dan juga membuat lelah bertambah ketika dipertemukan dengan barang satu ini. Namun akan berbeda, jika berada di dalam genggaman orang yang menganggapnya sebagai aset.

Bagi pencinta buku memiliki barang satu ini menjadi sangat berharga. Sebab selain buku merupakan jendela dunia, buku juga bisa menjadi teman yang asyik kapan saja, di mana saja, dan dalam kondisi seperti apa saja. Baik dalam keramaian maupun kesepian, baik saat berada di acara formal maupun non formal, juga di dalam maupun luar ruangan.

Memiliki kebiasaan membaca buku akan selalu menjadi sesuatu yang bermanfaat, dengan syarat kualitas bacaan itu memang memiliki gizi. Selain membuat pengetahuan dan ilmu bertambah, membaca buku juga dapat menghindarkan diri dari kegiatan-kegiatan kurang produktif di waktu senggang.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 Juli 2023: Hujan Guyur Depok Hingga Sukabumi, Berikut Waktu dan Intensitasnya

Bicara tentang buku dan para pencintanya, ada hal-hal yang membuat senang dan juga sebal berhari-hari. Pembaca buku merasa senang bila menemukan kawan yang hobi membaca. Bahkan tidak akan keberatan jika kawannya itu hobi membaca dari modal pinjam buku miliknya. Akan tetapi, mereka akan sangat sebal dan kesalnya agak lama, jika buku miliknya memiliki kerusakan, atau perubahan, sekecil adanya lipatan di beberapa halaman bukunya. Lebih-lebih jika sampai sampulnya yang rusak.

Untuk itu selain memberi pesan agar peminjam bukunya ekstra hati-hati. Penggemar buku wajib memproteksi buku miliknya. Berikut cara-caranya.

Tips Merawat Buku

·       Buku yang terlihat bersih merupakan salah satu tanda terawatnya sebuah buku. Untuk yang memiliki hobi koleksi buku dan senang melihat bukunya selalu bersih. Menyampul kover buku dengan plastik bisa menjadi langkah awal yang bisa diterapkan. Selain berhasil membuat buku selalu rapi dan bersih, antisipasi ini juga dapat mencegah agar buku tidak mudah mengelupas, dan aman jika terkena air.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV Rabu 26 Juli 2023: Belum Masuk 15 Besar, Mahligai Untuk Cinta Ada di Peringkat Berapa?

·       Untuk mencegah agar tidak berwarna kuning dan jadi menjamur, letakkan buku di tempat yang terkena sinar matahari.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah