Berikut Daftar Kosa Kata Bahasa Korea Telah Resmi Masuk KBBI!

- 14 Juli 2022, 14:24 WIB
Beberapa kata dalam bahasa Korea kini telah resmi masuk KBBI mulai dari panggilan "Oppa" dan masih banyak lagi
Beberapa kata dalam bahasa Korea kini telah resmi masuk KBBI mulai dari panggilan "Oppa" dan masih banyak lagi /Tangkap layar Viu

BERITA KBB- Bagi para pecinta drama Korea, terutama tentang bahasa Korea, kabar baik ini tentu menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu.

Lantaran beberapa jam yang lalu melalui akun instagram resmi BIPA alias Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Telah diumumkan bahwa ada kosa kata bahasa Korea yang kini resmi masuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Kosa kata tersebut memang familiar sekali di telinga para K-Popers terutama di drama Korea atau film Korea. Berikut daftar kosa kata Korea yang masuk KBBI di antaranya:

Baca Juga: Sinopsis Sinetron Cinta Setelah Cinta Hari Ini 14 Juli 2022: Ben Ingin Niko Menikah Dengan Ayu

1. Oppa, yang dalam bahasa Indonesia berarti panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama.

2. Hanbok, yang dalam bahasa Indonesia berarti baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupakai jaket berkerah V diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria.

3. Mokbang, yang artinya siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan.

Baca Juga: Sinopsis Sinetron Cinta Setelah Cinta SCTV Hari Ini 14 Juli 2022: Ayu Dan Niko Sudah Terpancing Jebakan

4. Kimci, yang artinya makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yabg digarami, dibumbui, kemudian di fermentasikan.

5. Bibimbap, yaitu makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut, dapat dilengkapi telur mentah atau matang.

6. Bulgogi, yakni makana khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain, di olah dengan cara dipanggang atau digoreng.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat : Keutamaan Sholat Fardu Beserta Amalannya Sesuai Ajaran Rasullullah SAW

7. Mandu, yaitu pangsit khas Korea, biasanya menggunakan tofu.

8. Bingsu, yaitu minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lain.

Itulah beberapa kosa kata Bahasa Korea yang resmi masuk ke dalam KBBI sehingga semakin menambah pembendaharaan kosa kata dalam kamus bahasa Indonesia.***

 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x