1 Mei di Peringati Sebagai Hari Buruh, Berikut Sejarahnya

- 1 Mei 2022, 10:58 WIB
Tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh.
Tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh. //Instagram/@si.kuncunk
 
 
BERITA KBB - Sejarah tanggal 1 Mei yang diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia atau yang seeing disebut sebagai May Day Labour Day. 
 
Peringatan hari buruh sedunia muncul akibat serangkaian perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi, politis, hak industrial pada awal abad 19.
 
Perkembangan kapitalisme industri pada masa itu ternyata menimbulkan situasi yang dianggap tidak adil bagi kaum pekerja seperti pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, buruknya kondisi kerja. 
 
 
Dikutip dari tulisan Alexander Trachtenberg "The History of May Day" yang pertama kali diterbitkan pasa 1932, bahwa tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions. 
 
Tanggal 1 Mei dipilih karena terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada pada 1872, dimana Haymarket pada 1886 yang terjadi di chicago, Amerika Serikat. 
 
Menurut laporan Times Now News, dalam peristiwa Haymarket 1886 di Chicago, terjadi unjuk rasa untuk mendukung gerakan kerja 8 jam setiap harinya yang kemudian menyebabkan kebentrokan keras dengan polisi.
 
 
Tercatat 38 warga sipil dan 7 petugas polisi gugur dalam aksi tersebut.

Sehingga kemudian diserukan kepada seluruh serikat pekerja dari semua negara di seluruh dunia untuk menggelar aksi dengan penuh semangat setiap tanggal 1 Mei. Hingga kini lebih dari 80 negara termasuk Indonesia memperingati hari buruh internasional pada setiap 1 Mei. 

Guna menyambut peringatan May Day 2022, pemerintah khususnya DKI Jakarta membuat beberapa kegiatan seperti pasar murah serta pemberian sembako dan santunan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mengingat harga bahan pokok yang terus melonjak dan dampak pandemi COVID-19 yang masih terasa.

Dikutip dari halaman web pemerintah Jakarta Timur Lembaga Kerja Sama. Mengadakan acara bertemakan “Ketupat May Day” pada 26 april 2022 lalu.

Kegiatan serupa juga digelar oleh pemerintah provinsi melalui dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi DKI Jakarta yang membuka pasar murah dan pembagian sembako di kantor dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi DKI Jakarta yang membuka pasar murah dan pembagian sembako pada 24 april 2022.

Dalam kegiatan pasar pangan murah disediakan 1.000 paket sembako dengan harga awal Rp227. 752 lalu dijual seharga Rp 125.000.

Pada kegiatan May Day dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi DKI Jakarta juga membagikan 4.100 paket sembako gratis dari BPJS ketenagakerjaan yaitu 300 paket dari APINDO, 300 paket dari KADIN serta 200 paket dari PT JIEP.

***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah