Update Gempa Bumi Turki dan Suriah: 4.300 Tewas, 20 Tahanan Penjara yang Menahan Anggota ISIS di Suriah Kabur

- 7 Februari 2023, 14:59 WIB
Update Gempa Bumi Turki dan Suriah: 4.300 Tewas, 20 Tahanan Penjara yang Menahan Anggota ISIS di Suriah Kabur
Update Gempa Bumi Turki dan Suriah: 4.300 Tewas, 20 Tahanan Penjara yang Menahan Anggota ISIS di Suriah Kabur /Twitter/jeoncejoon

Berita KBB - Gempa bumi yang mengguncang Turki dan Suriah, Senin 6 Februari 2023 pagi buta kemarin, sampai Selasa 7 Februari 2023 ini telah menelan korban jiwa sebesar 4.300 orang dan ribuan lain luka-luka. Hal itu menurut keterangan dari pihak pemerintahan setempat.

Dilansir BeritaKBB dari The Guardians, menurut badan penanggulangan bencana setempat, setidaknya 2.921 korban tewas di Turki. Sedangkan untuk Suriah, menurut tokoh pemerintahan Damaskus dan tim penyelamat, 1.444 orang menjadi korban jiwa. 

Bencana ini menjadi yang terburuk di Turki sejak 1999. Kala itu, gempa bumi dengan kekuatan serupa mengguncang wilayah Laut Marmara timur dekat Istanbul dan menelan lebih dari 17.000 korban jiwa.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan Online Lewat Aplikasi E-Samsat, Dijamin Cepat dan Bebas Antri

Berkaca dari hal itu, WHO memperingatkan bahwa jumlah korban jiwa dari gempa tempo hari bisa melebihi 20.000.

Petugas kedaruratan senior WHO untuk wilayah Eropa, Catherine Smallwood mengatakan, ada potensi berkelanjutan dari gempa susulan, sehingga pihaknya sering melihat dari peningkatan sebanyak 8 kali lipat dari jumlah korban semula.

“Kami selalu melihat hal yang sama dengan gempa bumi, yang mana laporan awal atas jumlah korban tewas atau terluka akan bertambah sangat signifikan di pekan-pekan berikutnya,” ujar Smallwood, seperti dikutip dari AFP.

Baca Juga: Sinopsis Tajwid Cinta Selasa 7 Februari 2023: Terbongkarnya Rahasia Nadia, Alina Siapkan Siasat Baru!

Diketahui, guncangan pertama pada gempa bumi Turki dan Suriah tempo hari itu terjadi saat orang-orang tengah tertidur. Gempa terkuat dalam 100 tahun terakhir ini dirasakan hingga ke Siprus dan Kairo, Mesir.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x