Presiden Turki Umumkan Keadaan Darurat, Indonesia Turut Beri Bantuan

- 8 Februari 2023, 16:28 WIB
Presiden Turki Umumkan Keadaan Darurat, Indonesia Turut Beri Bantuan
Presiden Turki Umumkan Keadaan Darurat, Indonesia Turut Beri Bantuan /Instagram@inhforhumanity/

BERITA KBB – Pusat gempa dengan magnitudo 7,7 mengguncang Kahramanmaras, Provinsi Gaziantep, Turki pada Senin, 6 Februari 2023, pukul 04.17 pagi waktu setempat. Gempa ini segera diikuti oleh 40 gempa susulan lainnya.
 
Yang salah satunya gempa bermagnitudo 6,4 di Provinsi Gaziantep, Turki selatan. Lalu, gempa dengan magnitudo 7,6 pada pukul 13.24 waktu setempat di Provinsi Kahramanmaras.
 
Menurut Chris Elders dari School of Earth and Planetary Sciences pada Universitas Curtin di Perth, Australia, gempa susulan ini membentang sepanjang garis patahan besar yang sekitar 200 km, garis patahan besar yakni Sesar Anatolia Timur, bagiannya di sepanjang bagian tenggara Turki.
 
 
Sebagian wilayah Turki berada persis di atas Lempeng Anatolia yang memiliki dua patahan besar, yaitu Patahan Anatolia Utara dan Patahan Anatolia Timur. Lempeng ini bersinggungan ke selatan di Lempeng Arab menyebabkan gempa.
 
Akibat dua gempa besar yang mengguncang wilayah bagian selatan, jumlah korban tewas akibat gempa bertambah menjadi 5.434 orang, hal ini disampaikan menurut kementrian kesehatan Turki.
 
Turki Umumkan Status Darurat
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan status keadaan darurat yang akan berlaku selama tiga bulan di 10 provinsi Turki yang terkena dampak gempa bumi dahsyat.
 
 
Keputusan itu diambil agar aktivitas pencarian, penyelamatan serta kajian-kajian yang akan dilakukan setelahnya untuk para korban dapat dilaksanakan dengan cepat, kata Erdogan menjelaskan ini dalam konferensi pers. Dan pada Senin menetapkan masa berkabung nasional selama tujuh hari untuk mengenang para korban.
 
Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan (AFAD) Turki menyebutkan bahwa terdapat korban sejumlah provinsi di Turki selatan. Termasuk Kahramanmaras, Adana, Adiyaman, Osmaniye, Hatay, Kilis, dan Malatya. Serta di sejumlah provinsi di Turki tenggara, yakni Sanliurfa, Diyarbakir, dan Gaziantep.
 
Indonesia Salurkan Bantuan ke Turki
Pemerintah Indonesia akan menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Turki untuk membantu korban gempa dahsyat di negara yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut.
 
 
“Sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan dan juga oleh Kemensos. Baru disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat,” ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Merdeka, pada Selasa 7 Februari 2023, Jakarta.
 
Sementara itu di Suriah yang juga terkena dampak gempa dahsyat, pemerintah dan tim evakuasi melaporkan bahwa hampir 1.622 orang korban meninggal dunia dan lebih dari 3.649 korban lainnya terluka dalam bencana gempa yang terjadi.***

 
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x