Sosok Donald Trump Eks Presiden AS Pertama yang Ditahan, Berikut Riwayat Politik dan Harta Kekayaannya

- 5 April 2023, 16:45 WIB
Presiden Donald Trump tengah berpidato, dengan terjeratnya kasus uang tutup mulut. Dirinya menjadi Presiden Amerika Serikat yang ditangkap atas tuduhan kriminalitas dalam sejarah AS.
Presiden Donald Trump tengah berpidato, dengan terjeratnya kasus uang tutup mulut. Dirinya menjadi Presiden Amerika Serikat yang ditangkap atas tuduhan kriminalitas dalam sejarah AS. /Anadoulu/

Berita KBB - Donald Trump menjadi mantan pemimpin negeri Paman Sam pertama yang ditahan akibat melakukan tindak kejahatan. Ia didakwa menyuap bintang film biru Stormy Daniels yang diduga berselingkuh dengannya jelang pemilihan presiden 2016 lalu.

Dalam persidangan yang digelar di Manhattan, New York pada Selasa 4 April 2023, selain didakwa menyuap Daniels sebesar ‪130.000‬ dolar AS atau sekitar Rp 1,72 miliar, Trump juga didakwa memalsukan catatan bisnis Trump Organization dalam upaya penyuapan tersebut.

Berikut ini Berita KBB sajikan profil dari sosok Donald Trump ini, yang mencakup kiprahnya di pemerintahan Amerika Serikat dan juga harta kekayaan yang dimilikinya sehingga bisa menyuap bintang film biru itu sehingga membuatnya berurusan dengan hukum saat ini.

Baca Juga: Detik-Detik Eks Presiden AS Donald Trump Ditangkap, Tidak Dijebloskan ke Sel dan Tidak Difoto Mugshot

Pria bernama lengkap Donald John Trump ini lahir di New York pada 14 Juni 1946. Lulusan Wharton School of the University of Pennsylvania tahun 1968 ini tercatat terjun ke dunia politik sejak era 80-an, di mana ia bergabung ke Partai Republikan pada 1987.

 

Trump kerap berpindah-pindah partai. Setelah di Republikan, ia berpindah ke Partai Kemerdekaan pada 1999, lalu pindah ke Demokrat di 2001, menyeberang ke Republikan pada 2009, independen pada 2011 dan kembali bergabung ke Republikan pada 2012.

 

Suami Melania Trump ini pertama kali menjajal kontestasi calon presiden pada 2000, sebagai bakal calon Partai Reform wilayah California dan Michigan, tapi mundur tidak lama kemudian. Dari polling pada Juli 1999, Trump hanya mendapat dukungan 7 persen.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x