Jalan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja Sang ‘Pejuang Hak Laut Indonesia’ Akan Diresmikan Pemprov Jabar

- 20 Februari 2022, 15:17 WIB
Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja (lahir di Jakarta, 17 April 1929) adalah seorang politikus Indonesia. Pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan III periode 1974-1978.
Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja (lahir di Jakarta, 17 April 1929) adalah seorang politikus Indonesia. Pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan III periode 1974-1978. /Akun Twitter UNPAD

BERITA KBB. Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja (lahir di Jakarta, 17 April 1929) adalah seorang politikus Indonesia. Pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan III periode 1974-1978.

Mochtar Kusumaatmadja pun pernah menjadi Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan IV periode 1978-1988, di masak akhir hidupnya beliau adalah Guru Besar dan Dekan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung.

Pria kelahiran 17 Februari 1929 itu merupakan seorang akademisi dan diplomat Indonesia.

Baca Juga: Nama Anya Geraldine dan Dian Sastro di Cuplikan Master Chef Indonesia 9, Mereka Muncul di Episode Kali ini?

Semasa hidupnya, Mochtar disebut banyak berperan dalam perundingan internasional, terutama dengan negara-negara tetangga mengenai batas darat dan batas laut teritorial.

Setelah memperoleh gelar S1 Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1955, ia melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Hukum Yale (Universitas Yale) AS tahun 1955.

Kemudian melanjutkan program doktor (S3) bidang ilmu hukum internasional di Universitas Padjadjaran, Bandung dan lulus tahun 1962.

Baca Juga: Bolu Rempah Wortel Keto, Makanan Yang Cocok Untuk Para Penyintas Diabetes

Ia menjadi wakil Indonesia pada Sidang PBB mengenai Hukum Laut, Jenewa dan New York. Ia juga berperan dalam konsep Wawasan Nusantara, terutama dalam menetapkan batas laut teritorial, batas darat, dan batas landas kontinen Indonesia.

Menurut Singgih Tri Sulistiyono , Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro, mengatakan bahwa konsep wawasan Nusantara berawal dari upaya Profesor Mochtar yang pada waktu itu menyadari betapa pentingnya kesatuan negara Indonesia, untuk menetapkan batas teritorial laut Indonesia melalui Deklarasi Djuanda pada 1957.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x