Mengenal Alen-Alen, Jajanan Khas Trenggalek Berbentuk Bolong, Berwarna Kuning dan Bertekstur Kriuk

- 25 Agustus 2021, 19:07 WIB
Alen-Alen, jajanan khas Trenggalek yang keras namun kriuk
Alen-Alen, jajanan khas Trenggalek yang keras namun kriuk /Tokopedia/

BERITA KBB- Alen-Alen adalah snack atau jajanan khas yang berasal dari Trenggalek, Jawa Timur. Makanan ini disebut "Alen-Alen" karena bentuknya bolong di tengah, mungil seukuran jari mirip dengan "ali-ali" dalam Bahasa Jawa yang berarti cincin.

Alen-Alen selain punya ciri khas berbentuk bolong dan kecil seukuran jari, Ia juga berwarna kuning. Rasanya asin gurih dan terbuat dari singkong.

Tekstur yang dimiliki Alen-Alen cukup keras tetapi renyah, maka jajanan khas Trenggalek ini cocok dimakan oleh anak muda yang memiliki gigi masih kuat.

Baca Juga: Resep Portuguese Egg Tarts, Bisa Membuatnya di Rumah Untuk Dijadikan Cemilan

Alen-alen walapun renyah, dia tidak mudah melempem seperti kerupuk. Jadi tahan lama dan awet berminggu-minggu ketika disimpan di dalam toples tertutup.

Keberadaan jajanan Alen-Alen tersebut sudah ada semenjak tahun 1894. Snack khas Trenggalek ini dipelopori oleh Bupati Trenggalek ketiga, Kanjeng Raden Temanggung Wijoyo Kusumo.

Alen-alen pada awalnya bernama Lanting dan terdapat di daerah Kebumen dan Purworejo, Jawa Tengah. Makanan ini kemudian disesuaikan dengan selera orang Trenggalek, sehingga kemudian berkembang menjadi Alen-Alen.

Baca Juga: Rahasia Resep Donat Empuk Tanpa Telur Ternyata Cukup Diganti dengan Satu Bahan Ini!

Kini Alen-Alen dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko camilan online dengan harga yang terjangkau. Hal yang membuat snack khas Trenggalek ini istimewa adalah tekstur dan rasanya yang khas.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x