Bolehkah Memulai Bisnis dengan Modal Hasil Pinjaman? Pandji Pragiwaksono Tidak Sarankan untuk Hal Ini 

- 6 Mei 2021, 10:24 WIB
Pandji Pragiwaksono memberikan saran soal boleh atau tidaknya menjalankan bisnis dengan modal hasil dari pinjaman atau utang.
Pandji Pragiwaksono memberikan saran soal boleh atau tidaknya menjalankan bisnis dengan modal hasil dari pinjaman atau utang. /Instagram/@pandji.pragiwaksono

 

BERITA KBB- Komika Pandji Pragiwaksono memberikan saran soal bisnis melalui kanal YouTube pribadinya. 

Kali ini, materi yang dibahas oleh Pandji Pragiwaksono mengenai boleh atau tidaknya memulai bisnis dengan modal hasil pinjaman atau utang. 

Menurutnya, menggunakan modal hasil pinjaman atau utang merupakan praktik yang lazim terjadi di dunia bisnis. Akan tetapi, yang menjadi fokus utama adalah tujuan dari meminjam modal itu sendiri.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021 Menggugah Jiwa, Cocok Diucapkan pada Keluarga Tercinta

“Tergantung duitnya lo pinjemin buat apa dulu dan bagaimana dulu? Soal berhutang atau tidak soal masalah duitnya datang dari mana. Yang penting lu butuh duit kan,” tuturnya, seperti dikutip BeritaKBB.pikiran-rakyat.com pada Kamis, 7 Mei 2021. 

Pasalnya, Pandji justru khawatir orang-orang akan terjebak dengan berutang itu sendiri. 

Pandji kemudian membagikan pengalamannya dan berdasarkan beberapa literatur yang pernah dipelajari olehnya, bahwa sebaiknya modal tidak digunakan untuk langsung meluncurkan produk yang ‘wah’. 

“Gua gak menyarankan modal lu, ngutang atau tidak, apalagi kalau ngutang, itu dipakai untuk langsung bikin produk dalam wujud yang lu pikir  ‘ideal’,” ucapnya melanjutkan. 

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: YouTube Pandji Pragiwaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x