Jaringan 5G Siap Sukseskan Balap MotoGP Mandalika

- 18 Maret 2022, 14:58 WIB
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto dalam acara media update kesiapan jaringan 5G XL Axiata untuk mensukseskan gelaran balap MotoGP Mandalika di Mataram, Lombok, Kamis (17/32022).
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto dalam acara media update kesiapan jaringan 5G XL Axiata untuk mensukseskan gelaran balap MotoGP Mandalika di Mataram, Lombok, Kamis (17/32022). /Axiata/

BERITA KBB - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah siap sepenuhnya menghadirkan layanan 5G guna menyukseskan gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Berbagai persiapan di lapangan telah tuntas, dan per 18 Maret 2022 layanan data dan internet super cepat tersebut sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G. Layanan 5G ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase.

Baca Juga: Parade MotoGP Mandalika di Jakarta: Aksi 'Burnout' Marc Marquez Curi Perhatian Penonton

Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3.5 MHz di sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa serangkaian uji coba 5G XL Axiata yang telah dilaksanakan dengan spektrum 3.5GHz menunjukkan hasil memuaskan.

"Karena itu, saat ini jaringan 5G telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika, sekaligus mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat, termasuk para tamu asing yang hadir di event internasional ini. Bagi XL Axiata, momentum ini juga sekaligus menjadi sarana yang sangat bagus untuk kami menambah jam terbang dalam mengelola jaringan 5G, " katanya. 

Baca Juga: Lemas Karena Tak Diijinkan Parade MotoGP, Jokowi Janji Akan Hadir di Sirkuit Mandalika

Untuk dapat menikmati layanan 5G, pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Sementara melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G di antaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x