Banjir Banggai Berangsur Surut, BPBD Himbau Waspada Bencana Susulan

- 13 Juni 2022, 23:11 WIB
20 wilayah Indonesia yang mengalami banjir rob akibat super full moon
20 wilayah Indonesia yang mengalami banjir rob akibat super full moon /fotk: BMKG/

BERITA KBB - Banjir merendam sedikitnya 22 unit rumah yang ditinggali 22 KK setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Desa Sumber Mulia, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (12/6/2022) pukul 01.30 WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai mencatat bahwa peristiwa itu juga dipicu oleh pendangkalan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kemudian menyebabkan Sungai Kompangan dan Sungai Paniki meluap dan meluber ke permukiman warga.

Atas peristiwa itu, dua tempat ibadah menjadi terdampak, satu titik tanggul rusak dan satu titik jalan desa terendam banjir. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa, namun banjir tersebut menghambat aktivitas warga.

Baca Juga: Atasi Banjir, Pemkot dan Pemkab Bandung Kolaborasi Bangun Kolam Retensi di Tegalluar

Berdasarkan laporan per Senin (13/6/2022) pukul 18.00 WIB, banjir sudah mulai berangsur surut. Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah telah mengeluarkan peringatan dini agar pemangku kebijakan dan masyarakat di wilayah Kabupaten Banggai tetap waspada dengan bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Adapun hujan dengan intensitas ringan masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Banggai hingga Kamis (16/6)2022), sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Oleh sebab itu, segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca perlu dilakukan secara berkala.

Baca Juga: Banjir Bandang Melumpuhkan Warga Cianjur

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman.***

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x