Ratu Elizabeth Wafat, Raja Charles III Otomatis Naik Takhta

- 9 September 2022, 07:32 WIB
Raja Charles III tadi malam menjadi orang tertua dalam sejarah Inggris yang dinobatkan sebagai raja.*
Raja Charles III tadi malam menjadi orang tertua dalam sejarah Inggris yang dinobatkan sebagai raja.* /The Sun/
 

BERITA KBB- Dalam keterangan informasi yang disampaikan Istana Buckingham, bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun.

Meninggalnya Ratu menjadi duka mendalam terutama bagi keluarga kerajaan juga duka bagi semua masyarakat. Beliau naik takhta pada tahun 1952 untuk menggantikan sang Ayah yang wafat di tahun yang sama.
 
Baca Juga: Jadwal Acara Moji (O Channel) Hari Ini, Jumat 9 September 2022. Ada VNL 2022, Shopee Hingga BRI Liga 1 2022/23

Dari tahun 1952-2022, Ratu Elizabeth telah menjadi penguasa Inggris terlama yakni 70 tahun. Dengan demikian, berdasarkan aturan kerajaan yang berlaku.
 
Sebagai kepala negara yang akan menggantikan Ratu Elizabeth II adalah Raja Charles dengan gelar Raja Charles III.

Raja Charles III naik takhta sebagai kepala negara baru Inggris, pengumuman ini disampaikan oleh Liz Truss yakni Perdana Menteri Inggris dalam pidatonya.
 
 
"Hari ini takhta diwariskan, seperti yang sudah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara baru kita, Yang Mulia Raja Charles III," ujarnya. (diterjemahkan ke bahasa Indonesia)

Diketahui usia Raja Charles yakni 73 tahun, ia akan memiliki putra makhota yakni Pangeran William.

Kini, banyak masyarakat atau warga sekitar kerajaan berkumpul di luar Istana Buckingham, mereka sangat berduka atas wafatanya Ratu Elizabeth II.***

 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah