AKBP Ari Cahya Mengaku Tak Tahu Pemilik Rumah di Samping Rumah FS, JPU: Bohong!

- 29 Oktober 2022, 06:11 WIB
AKBP Ari Cahya Mengaku Tak Tahu Pemilik Rumah di Samping Rumah FS, JPU: Bohong!
AKBP Ari Cahya Mengaku Tak Tahu Pemilik Rumah di Samping Rumah FS, JPU: Bohong! /PMJ News
 
 
BERITA KBB - Jaksa penuntut umum (JPU) mencecar mantan Kepala Unit I Sub Direktorat III Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal (Kanit I Subdit III Dittipidum Bareskrim) Polri AKBP Ari Cahya Nugraha alias Acay soal pegetahuannya mengenai Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.
 
Hal itu terjadi saat Acay bersaksi dalam sidang kasus obstruction of justice atau perintangan proses penyidikan terkait perkara dugaan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.
 
Peristiwa itu bermula ketika jaksa menanyakan keterangan Acay dalam berita acara pemeriksaan (BAP) nomor 15 yang mengaku melihat titik CCTV di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo.
 
 
Diketahui, rumah mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) itu merupakan tempat kejadian perkara (TKP) kematian Brigadir J.
 
"Pada saat saya datang ke TKP pada tanggal 8 juli 2022 saya melihat ada CCTV di Komplek Polri Duren Tiga Pancoran Jakarta Selatan yang mengcover lingkungan komplek tersebut. Dan sepengetahuan saya ada beberapa yang ada di dalam rumah Irjen Ferdy Sambo," ujar jaksa membacakan BAP Acay nomor 15 dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, pada hari Kamis 27 Oktober 2022.
 
Dari keterangan yang dibacakan itu, jaksa lantas menyinggung jawaban Acay yang sempat mengaku tidak tahu tentang titik lokasi CCTV di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo, termasuk rumah di sebelah di rumah dinas Ferdy Sambo adalah rumah mantan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit.
 
 
"Tadi pertanyaan JPU ada rumah di samping, lalu dijawab tidak tahu," cecar jaksa.
 
"Itu rumahnya Pak Ridwan," jawab Acay.
 
"Bohong! Saudara sudah disumpah ya," timpal jaksa dengan nada tinggi atas jawaban Acay.
 
Pernyataan jaksa itu dilontar lantaran di awal keterangan Acay mengaku tidak tahu pemilik rumah di samping rumah dinas Ferdy Sambo adalah rumah eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan.
 
"Karena tadi beliau sampaikan ada di rumah sampingnya, tapi enggak tahu namanya," papar jaksa.
 
 
"Baik, itu rumah satu letting saya, teman satu angkatan saya (Ridwan Soplanit)," ucap Acay mengaku.
 
Adapun maksud jaksa mencecar Acay untuk menggali pengetahuan mantan Kanit I Subdit III Dittipidum Bareskrim itu bahwa ia bukan pertama kali datang ke komplek perumahan Polri, Duren Tiga. 
 
Sebab, keterangan Acay dalam BAP disebut mengetahui bahwa ada rumah di samping rumah dinas Ferdy Sambo adalah rumah Ridwan Soplanit.
 
"Artinya saudara pernah datang, sebelum hari itu kan gitu aja ya," ujar Hakim memotong perdebatan Acay dan jaksa.
 
"Pernah kan, makanya tahu rumah tetangganya, siapa teman akpol saudara. Nah itu maksudnya, ya mengingatkan saja jangan bohong - bohong," sindir jaksa.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x