Ahli Psikologi: Sambo Miliki Kepribadian yang Emosional dan Kecenderungan Merasa Nyaman

- 23 Desember 2022, 13:56 WIB
Momen PH tertawa sedang Ferdy Sambo tertunduk lemas disoroti di persidangan jadi sorotan.
Momen PH tertawa sedang Ferdy Sambo tertunduk lemas disoroti di persidangan jadi sorotan. /Tangkapan layar/@peppyysam/TikTok
 
BERITA KBB - Eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo disebut memiliki kepribadian yang emosional dan kurang percaya diri dan kecenderungan merasa nyaman jika ada pihak lain yang ikut melindungi.
 
Fakta itu diungkapkan oleh Ahli Psikologi Forensik Reni Kusumowardhani saat dihadirkan dalam sidang lanjutan terdakwa pembunuhan berencana Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Rabu 21 Desember 2022.
 
"Pada dasarnya Pak FS ini merupakan individu yang kurang percaya diri, dan membutuhkan dukungan orang lain di dalam bertindak dan mengambil keputusan, terutama untuk hal - hal yang besar," ujar Reni dalam ruang sidang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.
 
 
Tak hanya itu, berdasarkan rekam jejaknya, Ferdy Sambo juga disebut sebagai pribadi yang selalu merasa nyaman jika ada orang yang melindunginya.
 
Akan tetapi dalam keadaan normal, terdakwa kasus pembunuhan berencana itu akan terlihat sebagai sosok yang baik dan patuh dalam aturan norma.
 
"Ada pengalaman kecil yg membuat dia merasa nyaman apabila ada orang - orang yang melindungi di sekitarnya," ujar Reni.
 
 
"Dan dalam situasi kondisi normal, FS akan terlihat dan sebagai figur yang baik dalam kehidupan sosialnya dan patuh pada aturan norma, dapat menutupi kekurangan - kekurangannya dan masalah - masalahnya," sambungnya.
 
Reni juga menuturkan kalau Ferdy memiliki emosi yang tidak terkontrol. Bahkan seketika Sambo juga tidak bisa mengontrol dirinya sendiri jika sudah dikuasi oleh rasa emosi.
 
"Dan kemudian dapat menjadi orang yang dikuasai emosi, tidak terkontrol, tidak dapat berpikir panjang terhadap tindakan yang dilakukan.," ujarnya.
 
Akan tetapi kata Reni, sejatinya Ferdy Sambo adalah pribadi yang memiliki kecerdasan di atas rata - rata.
 
Namun demikian, bukan berarti Ferdy Sambo akan tetap tenang jika berada dalam kondisi mendesak dan dipenuhi rasa emosi.
 
"Jadi bukan berarti yang bersangkutan tidak mampu melanggar norma dan menggunakan kecerdasannya untuk melindungi diri di dalam situasi - situasi terdesak," tukas dia.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x