Beredar Foto Sandera KKB yang Disebut Seorang Pilot Asal Selandia Baru, Benarkah Itu Philip Mehrtens?

- 16 Februari 2023, 19:11 WIB
Seorang pria, yang diidentifikasi sebagai Philip Mehrtens, pilot Selandia Baru yang dikatakan disandera oleh kelompok pro-kemerdekaan, berdiri di antara para pejuang separatis di wilayah Papua, Indonesia, dalam gambar tak bertanggal yang dirilis pada 14 Februari 2023.
Seorang pria, yang diidentifikasi sebagai Philip Mehrtens, pilot Selandia Baru yang dikatakan disandera oleh kelompok pro-kemerdekaan, berdiri di antara para pejuang separatis di wilayah Papua, Indonesia, dalam gambar tak bertanggal yang dirilis pada 14 Februari 2023. /Foto: THE WEST PAPUA NATIONAL LIBERATI via Reuters/

Berita KBB - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengedarkan beberapa foto yang memperlihatkan seorang pria yang mereka sebut sebagai pilot berkebangsaan Selandia Baru yang mereka sandera pekan lalu.

Melansir dari Reuters, pria bule berprofesi pilot itu dikonfirmasi adalah Philip Mehrtens, penerbang pesawat Susi Air PK BVY rute Timika-Paro yang disandera KKB di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua, bersama 5 orang penumpang.

Hal itu diketahui setelah seorang teman Mehrtens yang tidak mau disebutkan namanya, membenarkan bahwa pria yang difoto bersama-sama dengan 4 orang anggota TPNPB adalah sang pilot bersangkutan.

Baca Juga: Sosok Philip Mehrtens, Pilot Susi Air yang Disandera TPNPB di Papua: Pendiam dan Dekat dengan Keluarga

Dalam foto yang beredar, Philip Mehrtens terlihat mengenakan topi bucket krem, kemeja jeans abu-abu, kaos hitam bergambar Papua Merdeka, celana pendek kehitaman, dan kaus kaki serta sepatu hitam.

Ia terlihat dipegangi oleh 2 orang anggota di kedua pergelangan tangannya. Sementara 2 orang lainnya di samping bawah foto, tampak berpose membidik dengan senjata laras panjang.

Selain foto tersebut, Sebby Sambom, juru bicara TPNPB, membagikan foto dan video lain yang memperlihatkan Mehrtens bersama selusin anggota, yang beberapa diantaranya dipersenjatai senapan dan panah.

“Militer Papua (TPNPB, red) yang telah menyandera saya untuk berjuang demi kemerdekaan Papua, meminta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak, saya akan tetap disandera seumur hidup,” ujar pilot Susi Air itu dalam sebuah video, seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Download Lagu MP3 atau MP4 Gudang Lagu Terbaik 2023, Ini Tempat Unduh Musik Resmi Tanpa MP3Juice atau Y2Mate

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x