Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia, Ini Kunci Mencegah Penyakit Jantung yang Sering Terlupakan

- 23 Februari 2023, 10:15 WIB
Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia, Ini Kunci Mencegah Penyakit Jantung yang Sering Terlupakan
Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia, Ini Kunci Mencegah Penyakit Jantung yang Sering Terlupakan /
 

Berita KBB - Menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang, penyakit jantung dikenal sebagai satu dari 3 penyebab kematian tertinggi di Indonesia, menurut Kemenkes RI. WHO, menyebut, setiap tahunnya penyakit ini membunuh 17,9 juta jiwa di seluruh dunia. 

Saking mematikannya penyakit jantung, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan jantung dan mencegahnya. Selain makan makanan bergizi, berolahraga dan kontrol emosi, ada satu hal lagi yang harus dilakukan untuk itu.

Konsultasi dengan dokter spesialis jantung adalah kunci lainnya untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya menangani penyakit jantung, mereka juga bisa membantu memahami risiko yang dimiliki dan bagaimana faktor risiko itu berdampak pada kesehatan jantung.

Baca Juga: Daftar Mobil Jeep Bekas Terbaru 2023, Harga Dibawah 50Juta!

Melansir Healthline pada Kamis 23 Februari 2023, dokter spesialis jantung pun dapat memberikan saran terkait gaya hidup yang sehat dan memantau kondisi tubuh, untuk memastikan semua faktor risiko yang dimiliki tetap terkendali.


Diketahui, pencegahan merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit serangan jantung. Hal ini merupakan cara yang penting untuk mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis dan mendiagnosa semua gejala lebih dini, sebelum menjadi makin parah.


Beberapa faktor risiko besar seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang jelas, sehingga seseorang bisa saja memiliki gejala tersebut tanpa menyadarinya selama bertahun-tahun.


Cara terbaik untuk mengetahui adanya faktor risiko penyakit jantung dalam tubuh adalah memeriksakan diri ke dokter. Ketika hasilnya sudah muncul, konsultasikan dengan dokter dan tim medis terkait langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.


Untuk mendapatkan hasil yang akurat dan faktual mengenai faktor risiko tersebut, sangat penting untuk memberikan segala informasi yang dibutuhkan dokter dengan sejujur-jujurnya. Berikut ini hal yang harus diceritakan secara terbuka dan jujur kepada dokter:

Baca Juga: Terobos Lampu Merah, Pengendara Ojol Tertabrak dan Penumpang Ikut Terpental!
  1. Kebiasaan makan

  2. Tingkat aktivitas fisik

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Kemenkes RI WHO Heatlhline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x